STRATEGI PROMOSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK BARU DI MTS MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Isi Artikel Utama

Monica Puspita Nasution
Khairuddin Lubis
Abdul Halim

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang digunakan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di MTs Muallimin UNIVA Medan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi tersebut. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang valid dan komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menggunakan berbagai strategi promosi seperti penyebaran brosur, pemasangan spanduk, pemanfaatan media sosial, endorsement oleh alumni terkenal, dan sosialisasi di sekolah dasar untuk menarik minat masyarakat dan calon siswa. Faktor pendukung utama adalah basis pesantren madrasah dan dukungan alumni sebagai figur publik, sedangkan faktor penghambat meliputi fasilitas yang kurang memadai, persaingan antar sekolah, serta kurangnya pemahaman panitia terkait PPDB. Kepala madrasah mengatasi kendala tersebut melalui rapat evaluasi, fokus pada program unggulan, dan memperkuat jaringan relasi dengan keluarga dan alumni. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi promosi yang terencana dan didukung oleh unsur internal dan eksternal yang kuat dapat meningkatkan jumlah siswa baru secara signifikan. Rekomendasi diberikan untuk mengembangkan lebih lanjut strategi promosi dan peningkatan sarana prasarana madrasah. Kendala Strategi Promosi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru di MTs Muallimin UNIVA Medan yang dihadapi yaitu; 1) Sarana dan prasarana, 2) Adanya isu-isu negatif dan 3) persaingan antar sekolah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Monica Puspita, Khairuddin Lubis, dan Abdul Halim. “STRATEGI PROMOSI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK BARU DI MTS MUALLIMIN UNIVA MEDAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3621–3628. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4113.
Bagian
Artikel

Referensi

Jurnal

Buano, O., Iribaram, S., & Pratiwi, D. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru di MTs Yaa Bunayya Kota Jayapura. KARIWARI SMART: Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i1.152

Nasir, et al. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah Pertama Telekomunikasi Pekanbaru.

Usup, Dewi Utami, & Dadan Mardani. (2023). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar Bogor. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(1), 257–269.

Buku

Abu Ahmadi. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Briggitta Putri Atika Tyagita. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama di Kabupaten Semarang. Jakarta: Universitas Kristen Satya Wacana.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

E. Mulyasa. (2004). Manajemen & Kependidikan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2011). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasdiana, U. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Analytical Biochemistry, 11(1).

Kotler, P. (1983). Marketing Management.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications.

Mudrajad Kuncoro. (2007). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Muhaimin. (2009). Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ridwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Zakky Mubarak. (2010). Tanggung Jawab Seorang Pemimpin. Jakarta: Amzah.

Internet

Basu, S. (2018). Promosi. https://repository.uin-suska.ac.id/6661/4/BAB%20III%20tinjauan%20teori.pdf