PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

Isi Artikel Utama

Siti Napsiah
Liyana Sunanto
Piyantina Rukhmini

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Eksperimental Design bentuk Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian seluruh peserta didik UPTD SDN 1 Kedokan Bunder Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu yang terdiri 532 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian terdiri dari dua kelas dimana kela IV A sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Data penelitian melalui tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji mann whitney Dengan taraf signifikansi 0,05, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video animasi secara statistik lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model dan media pembelajaran biasa. Dan hasil Nilai N-Gain rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 0,50 termasuk kedalam interpretasi “Sedang”. Sedangkan, nilai N-Gain rata-rata pada kelas kontrol adalah sebesar 0,29 termasuk kedalam interpretasi “Rendah”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uj N-Gain terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Napsiah, Siti, Liyana Sunanto, dan Piyantina Rukhmini. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3806–3819. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4148.
Bagian
Artikel

Referensi

Aghel, D. P., Suparman, T., & Asmara, A. S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Berbantuan Video Animasi Pada Peserta Didik Kelas V. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 719–727.

Amilia, R., Pratiwi, V., & Yulianto, D. E. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV DI GUGUS 1 BOTOLINGGO. ROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, 3(1), 498–508.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION. Ournal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.

Asuke, S., Isa, R., Panigoro, M., Asi, L. L., & Mahmud, M. (2023). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(1), 134–139. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18689

Awaliyah, I. N., & T, A. Y. (2025). Inovasi Pembelajaran Matematika : Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mathematics Learning Innovation : Interactive Learning Videos to Increase Student Learning Activity and Motivation, 1–18.

Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018

Dakabesi, E. D., & Wicaksono, L. (2022). Kepemimpinan kolaborasi kepala sekolah dalam membangun tim kinerja guru di era society 5.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(4).

Dewayanti, A., Suryanti, H. H. S., & Wicaksono, A. G. (2021). Analisis Video Animasi Inovatif dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di MIM Girimargo Miri Sragen Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Sinektik, 4(2), 187–195.

Djati, G., & Series, C. (2023). Peningkatan aktivitas belajar siswa kelas xi melalui pbl disertai pembelajaran berdiferensiasi, 30, 305–313.

Dolong, H. M. J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal UIN Alauddin, 5(2), 293–300. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/3484-Article Text-7439-1-10- 20170924.pdf

Fitriyah, A., & Sunanto, L. (2024). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas. Jurnal Inovasi Media Pembelajaran, 2(01), 5-10.

Gistituati, N., Fitria, Y., Zikri, A., & Dasar, D. P. (2020). Jurnal basicedu, 4(1), 203–209.

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET MOTIVASI BERPRESTASI Riko Al

Hakim 1 , Ika Mustika, 2 , Wiwin Yuliani 3 1, 4(4), 263–268. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249

Hotimah, H. (2020). (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5–11.

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(1), 212–225.

Juniarti, W., Affandi, L. H., & Husniati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Card Match Circle Untuk Kelas IV SDN 36 Ampenan. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 25–34.

Kependidikan, J. I., Syachtiyani, W. R., Trisnawati, N., & Surabaya, U. N. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19, 2(April), 90–101.

Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pbl (problem based learning). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27.

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023a). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka: Implementation of problem based learning to improve students’ concept understanding: Literature review. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36.

Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023b). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa: Studi pustaka: Implementation of problem based learning to improve students’ concept understanding. Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27– 36.

Margaretha, L. (2020). Teori- Teori Belajar Untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 8–15. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1074

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk SD kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Novita Sariani, M. P., Dr. Hj. Prihantini, M. P., Puji Winarti, S. P. M. P., Indrawati, S. P. I. M. P. I., Jumadi, S. P. I. M. P. I., Dr. Ahmad Suradi,M. A., … Premium, C. (2021). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. EDUPUBLISHER. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=wrszEAAAQBAJ

Putri, T. A., Purba, R., & Abdulah, S. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas V Sdn 55/I Sridadi. Urnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12720–12731.

Rahmayanti, R., Astuti, D. D., & Rustini, T. (2022). Analisis Pengaruh Aspek Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Terhadap Efektifitas Pelaksanaan Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10682–10688.

SETIANA, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Gunung Terang Tahun Pelajaran 2018/2019. Eprints.Ummetro.Ac.Id.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Faktor-Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2),191. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3770

Simanjuntak, M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP SWASTA HKBP PEMATANGSIANTAR. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(3), 114–119.

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214

Sunanto, L. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Keterampilan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 243-249.

Suparman, T., Prawiyogi, A. G., & Susanti, R. E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 250–256.

Suraliana, F. A., Tobroni, T., & Khoimatun, K. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 43–51.

Yuliati, Y. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).