UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 3 GROGOL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Namun pada kenyataannya pelajaran IPA di Sekolah Dasar belum terlaksana secara maksimal. Seperti kurangnya pemahaman dan penguasaan siswa mengenai materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, keadaan kelas yang kurang kondusif, terbatasnya media, hasil belajar tidak mencapai KKM dan metode pembelajaran yang digunakan masih monoton, maka dari itu perlu diadakan observasi penelitian. Melatarbelakangi hal tersebut maka perlu diadakan penelitian dan salah satu upaya untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan keterampilan proses dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mencapai KKM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan 4) refleksi. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN 3 Grogol yang berjumlah 22 siswa data penelitian dikumpulkan melalui tes tulis. Berdasarkan hasil penghitungan bahwa keterampilan proses ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, seperti hasil belajar siswa yang di bawah KKM mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aisyah, Siti. 2015. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Aprilia, dan Achyar, A. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD dan MI Kelas 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. 2003. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
Elya.2013.”Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 02 Beduai”.[Online].halaman2.Tersedia:http://jurnal.untan.ac.id//index.php/jpdpb/aericle/download/4374/.pdf. (23 April 2018).
Fathurrohman, P. dan Sutikno, S.M. 2011. Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Islam.Bandung: PTRevika Aditama.
Hartatik, Sri. 2013.”Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD 2 Wergu Kulon Kudus TahunPelajaran 2012/2013 [Online] halaman. 9. Tersedia:http://eprints.umk.ac.id/2068/1/HALAMAN DEPAN.pdf. (23 April 2018).
Haryanto. 2012. SAINS Untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga.
Latif, Abdul. 2009. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: PTRafika Aditama.
Mahmud. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustakan Setia.
Muja Rohma, W. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audi Visual Pada Materi Daur Hidup Hewan Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN II Palimanan Timur Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Perseda
Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rustaman, Nuryani.dkk. 2011. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: UT Press.
Selfi, Lisna.2013.”Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Inpres Pedanda”.[Online].Vol.3 No.2.Tersedia : http://media.neliti.com/media/publications/108955-ID-penerapan-pendekatan-keterampilan-proses.pdf. (23 April 2018).
Sholeh, Abdul. 2015. Konsep Dasar IPA. Bandung: Mujahid Press
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudikin, Basrowi, dan Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W.V. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka baru Press
Sumardi, Y, Syulasmi A, dan Rumanta. 2007. Konsep Dasar IPA SD. Jakarta: UT Press.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Uno, B.H, Lamatenggo, N, dan Koni, M.A.S. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.