PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU BERBASIS WEB MATERI BINATANG HALAL DAN HARAM PADA MATA PELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS VI MI DDI 1 PALOPO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Skripsi ini membahas Penerapan Media Pembelajaran Assemblr EDU berbasis Web Materi Binatang Halal dan Haram pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas VI MI DDI 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa terkait materi binatang halal dan haram setelah penerapan media pembelajaran assemblr EDU berbasis. Jenis penelitian yang digunakan adalah Jenis Penelitan Tindak Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari Planning, acting, observing dan Reflecting. Objek penelitian ini adalah MI DDI 1 Palopo yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 13 Laki-laki dan 11 perempuan. Data diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa, serta minat belajar. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan analisis data lembar observasi guru dan siswa dan angket minat belajar. Hasil penelitian pada lembar observasi guru pada siklus I menunjukan mencapai rata rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 70,8% dengan kategori “cukup”, pada siklus II mencapai 95,8% dengan kategori “sangat baik”. Lembar observasi siswa pada siklus I mencapai rata rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 62,45% dengan kategori “cukup”, pada siklus II mencapai 95,8% dengan kategori “sangat aktif”. Adapun hasil dari angket peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 66,10% dengan kategori “cukup kuat”, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 94,2% dengan kategori “sangat kuat”.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abu Husain Muslim bin Hajjaj Al-Qusyairi An-Naisaburi, Shahih Muslim, Kitab. Al-Musaaqah, Juz 2, No. 1599, (Beirut-Libanon: Darul Fikri, 1993 M).
Aidh al-Qarni, Tafsir Muyassar Jilid 1, (Damaskus: Darul Haq, 2016).
Aishiyah Saputri Laswi and Bungawati, “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Materi Organel Sel,” Jurnal Kependidikan 13, no. 4 (2024).
Chairudin et al., “Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS.”
Darul Ma’rifah, Al Halal Wa Al Haram Fi Al-Islam, 2019.
Deisye Supit et al., “Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Journal on Education 5, no. 3 (2023).
Dewi Naila Nimah and Sheila Febriani Putri, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Platform Assemblr Edu Pada Materi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah,” Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics 4, no. 3 (2024).
Dewi Novitasari et al., “Meningkatkan Minat Belajar IPA Dengan Media Edukatif Berbasis Permainan Tradisional Di Kelas VIII SMP,” Journal of Innovation and Teacher Professionalism 3, no. 2 (2024).
Elan Elan, Sumardi Sumardi, dan Amanda Salsabila Juandi, “Penyusunan Instrumen Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatakan Keterampilan Sosial,” Jurnal Paud Agapedia 6, no. 1 (2022).
Enno Rietmadhany Angelica and Sheila Febriani Putri, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality ( AR ) Assembler Edu Pada Mata Pelajaran Perpajakan,” n.d.
Fahmiatul Ilmi, Resa Respati, and Akhmad Nugraha, “Manfaat Lagu Anak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar,” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 3 (2021).
Ibnu Hajar, wawancara oleh Andi Rahmadani, di MI DDI 1 Palopo, 2025.
Ifan Naufali, “Hukum Jual Beli ‘Asb Ah-Fahl Menurut Pandangan Mazhab Syafi’I Dan Mazhab Maliki,” Journal Of Islamic Business Law 6, no. 4 (2022).
Ihsan Maulani and Aryadie Adnan, “Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Ihsan,” Jurnal Minat Siswa Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Ihsan 1, no. 1 (2011).
Ihsan Satrya Azhar, Ahmad Fuadi, and Muhammad Nuh Dawi, “Strategi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fikih Dalam Mengenalkan Hukum Islam Di Madrasah Ibtidaiyah,” Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 1 (2025).
Indra Maulana, Hafis Ramadhan Setiawan, and Elinda Umisara, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Berbantuan Platform Assemblr Edu” 5, no. 01 (2024).
Iqlima Firdaus et al., “Model-Model Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas,” Jurnal Kreativitas Mahasiswa Vol.1 No.2, no. 2 (2023).
Makmur, “Pembinaan Karakter Mahasiswa Melalui Program Ma ’ Had Al - Jami ’ Ah Di Universitas Muhammadiyah Palopo” 13, no. 4 (2024).
Makmur, “Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Canva Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 12 Kolaka Utara,” Refleksi 13, no. 3 (2024).
Makmur, “Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Board Games Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Binatang Halal Dan Haram Pada Siswa Kelas VI A Sekolah Dasar Negeri 258 Sinongko Pendahuluan Metode Hasil Dan Pembahasan,” no. 2 (2024).
Muhammad Zali et al., “Konsep Dasar Ilmu Fikih,” AR RUMMAN - Journal of Education and Learning Evaluation 2, no. 1 (2025).
Novani Maryam Rambe, Afiatin Nisa, and Ari Sapto Halasan Simanullang, Wahjoedi, “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan II, no. 1 (2018).
Nur Munira, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Jembrana Kelas Xii Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Tahun Ajaran 2017/2018,” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 9, no. 2 (2019).
Nurfadila Ainun et al., “Pendekatan Tarl Dengan Model Pbl Kelas X Upt Sma Negeri 1 Gowa” 8 (2025).
Nurotun Mumtahanah, “Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran PAI Nurotun Mumtahanah 1,” Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman 4 (2014).
Panggabean, “Penggunaan Media Audio Pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Di SD Negeri 084084 Kota Sibolga,” 2021.
Profil Sekolah, di MI DDI 1 Palopo, 2025.
Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, “Penerapan STAD-NHT Dalam Penerapan Reaksi Redoks,” (2021).
Putrina Mesra, Eko Kuntarto, and Faizal Chan, “Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Minat BelajarSiswa Di Masa Pandemi,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7, no. 3 (2021).
Putu Rissa Putri Intari Dewi, Ni Made Winda Wijayanti, and I Dewa Putu Juwana, “Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Negeri 4 Denpasar,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi 2, no. 2 (2022).
Qoriatul Fashihah Al Kamilah, Nayla Wafa’Ramdaniyah, and M Mahbubi, “Analisis Materi Pai Smp Kelas 9 Aspek Fiqih,” ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research 2, no. 01a (2025).
R Purwanti, H Hisbullah, and B Bungawati, “Penerapan Metode Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas III SDN 41 Batu Putih Kota Palopo,” … Pelita: Jurnal Pembelajaran … 5, no. 1 (2025).
Rahmawaty, observasi, di Kelas VI MI DDI 1 Palopo, 2025.
Ratna Wijayanti, “Kaidah Fiqh Dan Ushul Fiqh Tentang Produk Halal , Metode Istinbath Dan Ijtihad Dalam Menetapkan Hukum Produk Halal ” International Journal Ihya’ ‘Ulum Al-Din 20, no. 2 (2018).
Widyatama, Pandu Rudy, et al. "Upaya meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII SMPN 16 Surabaya." Indonesian Research Journal on Education 4.3 (2024).
Widyatama, Pandu Rudy, et al. "Upaya meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII SMPN 16 Surabaya." Indonesian Research Journal on Education 4.3 (2024).
Yandi Andri, Anya Nathania Kani Putri, and Yumna Syaza Kani Putri, “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review),” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1, no. 1 (2023).
Yayat Suharyat, Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia, n.d.
Zainal Abidin and Nurul Muhassanah, “Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Daya Ingat Materi Pelajaran IPAS Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Kelas IV,” Jurnal Research and Education Studies 3, no. 1 (2023).