PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS BAJO

Isi Artikel Utama

Firkah
Kartini
M. Arief R

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quiz Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Bajo juga untuk mengetahui hasil peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa melalui penerapan model pembelajaran Quiz Team siswa kelas VIII MTs  Bajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Quiz Team yang terdiri dari dua siklus dan seterusnya dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang harus diselesaikan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Bajo Tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriftif.


Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran menggunakan Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTS Bajo. Hasil belajar siswa yang sebelum diterapkannya Quiz Team belum memenuhi kriteria standar ketuntasan minimal (KKM) namun setelah diterapkan model Pembelajaran problem based learning hasil belajar siswa meningkat, terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklus yang dilalui. Penggunaan model pembelajaran Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai sebelum diterapkannya model pembelajaran Quiz Team adalah 64, banyaknya siswa yang mendapat nilai diatas 70 (KKM) adalah 44%.  Dari hasil siklus I rata-rata memperoleh nilai 69, banyaknya siswa yang mendapat nilai diatas 70 adalah 56%,  hasil observasi aktifitas siswa adalah 66% (baik) dan hasil observasi aktifitas guru 77% (baik). Setelah siklus II diperoleh rata-rata nilai 82, siswa yang mendapat diatas 70 adalah 92% atau sebanyak 23 siswa dari 25 siswa, hasil observasi aktifitas siswa adalah 88% (Baik sekali) dan hasil observasi aktifitas guru 94% (Baik sekali).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Firkah, Kartini, dan M. Arief R. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VIII DI MTS BAJO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 5017–5023. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4181.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdi Madrasah. Tujuan dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah. (2014)

Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah, Sunan At-Tirmidzi, Kitab. Al-Ilmu, juz. 4, No. 2654, (Beirut-Libanon: Dar al-fikr, 1994), h. 294.

Agus Suprijono, Cooperative Learning, (Yogyak arta: Pustaka Pelajar, 2013), h.114.

Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007), h. 55

Alvi Jauharotus Syukira dan Hayyun Durrotul Faridah. “Kajian Ilmiah dan Teknologi Sebab Larangan Suatu Makanan dalam Syari’at Islam.” dalam Journal of Halal Product and Research, (Mei 2019), No. 1, h. 48

Amir Syarifuddin, Ushul Fiqh, (jakarta: kencana, 2009), Cet. IV, jilid 1, h. 367.

Departement Agama RI, AL-Qurandan & Terjemahannya Tafsirnya, (Jakarta: CV Penerbit, 2004).

Dimas, Kurniawan, “Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas VII C Pada Mata Pelajaran PAI SMPN 10 Bandar Lampung” Skripsi Universitas Islam Negri Lampung (2018)

Dokumen, Profil Madrasah, Observasi Pada Tanggal 5 Oktober 2022, 1.

Ervi Rahmadani and Muhammad Zuljalal Al Hamdany, “Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar,” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 1 (2023): 10–20, https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.368.

Erwandi Tarmizi, (Harta Haram Muamalat Kontenporer “, (Bogor: Mulia Insani, 2017), h. 383

Eveline Siregar dan Hertini Nara, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010), cet. 1, h.8

Faisal Ahmad, Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu

Faizal Amir, Sapari, Moh. Saiful Bakhril Amin, Kurikulum dalam Lanskap Pendidikan Konsep, Evaluasi dan Implementasi, (jawa Barat: PT. Adap Indonesia, 2025), hal.11

Festiawan, Rifqi. "Belajar dan pendekatan pembelajaran." Universitas Jenderal Soedirman 11 (2020): 1-17.

Gusti Agung Sri Paranayathi, “Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA” jurnal education action research, Vol. 4, No. 4, Tahun

, hlm. 476-477

Hamruni, Strategi dan Model-model pembelajaran Aktif Menyenangkan, (Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009).

Hamzah B uno dan Nurdin Mohamad, Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: Bumi Akzara, 2012).

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2022).

Hisyam Zaini dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008).

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imam Shodiq, Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TQ (Team Quiz) Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 4 Terbanggi Besar (Metro, STAIN Jurai Siwo Metro, 2019)

Kaharuddin, Hisbullah,” Integrated Local Wisdom Values in Strengthening Student Character: Curriculum DesignFor Madrasah Ibtidaiyah,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vo. 11 No. 1 (2022) https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.5095

Kartini “Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman,” Madaniya 3, no. 4 (2022): 737–44, https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/272.

kartini, Naidin Syamsuddin, Mustafa, Andi Arif Pamessangi, Nurmiati, Sukirman, Firman, Hasriadi, Muhammad Chaeril, “Pelatihan Penerapan Media Inovatif dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman” Journal Madaniyah Vo. 3 No. 4 (2022), 737 https://doi.org/10.53696/27214834.272

Kementrian Agama R.I, al-Quran dan Terjemahnya (Bandung: al-Quran al-Qosbah, Maret 2019).

Kunandar, Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, (Jakarta; PT Raja Granfindo Persada, 2011).

Lukman Zain, Pembelajaran Fiqih, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009), hlm. 6

Lukman Zain, Pembelajaran Fiqih, (Jakarta: Dirjen PAI,2009).

Mardiah Kalsum Nasution, Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Studika Didaktika Vol.11, (2017).

Martinis Yamin, Pengembangan Kompetensi Pembelajaran, (Jakarta: UI Press, 2004).

mas Suryani, "Kualifikasi Hadis Anjuran Membunuh Hewan Fasiq", Tesis pada UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 2020, h. 10

Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani ‘Implementasi Pembelalajaran fiqhi pada siswa Mattayom 1 (SMP) Pratipthamwitaya yala Thailand selata”. (Diakses pada 15 juni 2021).

Muchtar Ali, “Konsep Makanan Halal dalam Tinjauan Syariah dan Tanggung Jawab Produk atas Produsen Industri Halal”, dalam Jurnal Halal, (Juni 2018), No.2 h. 298

Muclisin Riadi, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif, (Jl. Kristal Blok F6 Pabean Udik Indramayu Jawa Barat, 2021).

Muhaemin, and Ramdanil Mubarok. "Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19." AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam 6.2 (2020): 75-82.

Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), h. 92-93

Mulyono, Strategi Pembelajaran, (Malang UIN-MALIKI PRESS, 2011), h 106

Munir Yusuf. Pengantar Ilmu Pendidikan (Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 2018)

Nazar Bakry, Fiqh dan Ushul Fiqh, (Jakarta: Raja Grafindo Persada ,2003), h . 7

Nuzula, Ilmi Firdausi. "Menjaga keharmonisan sosial masyarakat: Peran fiqih dalam kehidupan masyarakat sehari-hari." Maliki Interdisciplinary Journal 1.2 (2023): 2-20.

Parnayathi, I. Gusti Agung Sri. "Penggunaan metode pembelajaran team quiz sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA." Journal of Education Action Research 4.4 (2020): 473-480.

Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri 015 Gunung Bungsu, Skripsi (Pekanbaru; UIN Suska Riau, 2020)

Piet A. Suhertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan, Cet: 1, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).

Pupuh Fatturahman dan Sobry Sutikno, Stategi belajar mengajar strategi mewujudkan pembelajaran bermakna melalui penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, (Jakarta: PT Refika Aditama,2009).

Putri Dewi Mustika Hasriadi , Marwiyah St. , Ihsan Muhammad , Arifuddin , Yamin Muh. , Hamdany Muh. Zuljalal Al-, “Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Lingkungan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren Pengkendekan Luwu Utara Pendahuluan,” Madaniya 4, no. 2 (2023): 531–39, https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/426%0Ahttps://madaniya.pustaka.my.id/journals/index.php/contents/article/download/426/290.

Salma, Akhlak Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Smp Negeri 1 Binjai, UIN Sumatera Utara, (2018).

Siti Zulaikah dan Yuli Kusumawati, “Halal dan Haram Makanan dalam Islam”, Skripsi pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019, h. 30

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h.2

Supriadi, “Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Materi Tajwid Dengan Penggunaan Metode MBTA Peserta Didik Kelas XI Man Palopo, 17 April (2002)

Syaiful Bahri Djamarah, et al, eds., Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2000).

Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2019).

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. (Jakarta: PT.

Kencana Penada, 2008).

Yamin

Yamin, Muhammad, Ismail, and Siti Rodiyah. "Pengembangan E-Modul Interaktif pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 3 Palopo." ISLAMIKA 7.2 (2025): 309-324.