PERAN KELUARGA SEBAGAI FONDASI UTAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENANAMAN KESADARAN BERNEGARA DI ERA DIGITAL

Isi Artikel Utama

Nurhayani
Ulina Rahmayani
Araida Purba
Sylvia Ramadhani

Abstrak

Revolusi digital membawa dampak signifikan terhadap pembentukan karakter dan kesadaran bernegara pada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis keluarga dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai kebangsaan di era digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui studi literatur dan observasi lapangan terhadap perilaku digital dalam lingkungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memainkan peran sebagai filter informasi, role model digital, dan penanam nilai kebangsaan dalam keseharian. Namun, tantangan seperti kesenjangan literasi digital antar generasi dan keterbatasan waktu menjadi hambatan dalam optimalisasi peran ini. Studi ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan pemerintah dalam membangun ekosistem digital yang sehat dan berkarakter.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurhayani, Nurhayani, Ulina Rahmayani, Araida Purba, dan Sylvia Ramadhani. “PERAN KELUARGA SEBAGAI FONDASI UTAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENANAMAN KESADARAN BERNEGARA DI ERA DIGITAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4099–4104. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4183.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, M. (2022). Ketahanan nasional di era disrupsi: Peran institusi keluarga dan pendidikan. Pustaka Pelajar.

Hidayat, R. (2022). Menjadi orang tua cerdas di era digital: Panduan mediasi konten untuk anak. Gramedia Pustaka Utama.

Murtiningsih, T. (2020). Peran keluarga dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 145–156.

Pramono, A. (2023). Peran keluarga sebagai filter utama dalam membangun resiliensi anak terhadap pengaruh negatif digital. Jurnal Psikologi Keluarga & Perkembangan, 10(2), 70–85.

Putra, D. A., & Lestari, S. (2023). Generasi paradoks: Krisis identitas remaja di tengah arus media digital. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Susanto, H. (2021). Pendidikan karakter berbasis keluarga: Menjawab tantangan era 4.0. Kencana Prenada Media Group.

Syawaldi, A. (2021). Keluarga sebagai benteng ideologis dalam menangkal radikalisme di era digital. Jurnal Civic Education, 9(1), 33–44.

Subianto, Jito. (2019). “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas LPPG (Lembaga Peningkatan Profesi Guru)”, Jawa Tengah, Indonesia

Sutika, I Made. (2017). “Implementasi Pendidikan Keluarga dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Anak (Studi di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara Panjer Kecamatan Denpasar Selatan)”, Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya.

Wibowo, A., & Nugraha, C. (2023). Membangun patriotisme digital: Peran strategis keluarga dalam menanamkan nasionalisme di dunia maya. Jurnal Komunikasi dan Studi Media, 7(2), 95–110.