MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA DASAR-DASAR GERAKAN TARI KREASI MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI SUKASARI

Isi Artikel Utama

Reta Nurul Herawati
Agus Ahmad Wakih
Geri Syahril Sidik

Abstrak

Pembelajaran SBDP di sekolah dasar, khususnya pada pembelajaran seni tari memegang peranan penting dalam mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas siswa kelas V pada pembelajaran dasar-dasar gerakan tari kreasi melalui metode demonstrasi di SD Negeri Sukasari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes unjuk kerja dan dokumentasi, dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Kreativitas siswa meningkat dari 68,72% pada tahap pratindakan, menjadi 75,36% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,07% pada siklus II. Peningkatan terjadi pada seluruh indikator Kreativitas belajar yang meliputi memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, berani mengungkapkan pendapat dan terbuka terhadap hal baru. Temuan ini menunjukkan bahwa dasar-dasar gerakan tari kreasi melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan Kreativitas belajar siswa kelas V di SD Negeri Sukasari.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Herawati, Reta Nurul, Agus Ahmad Wakih, dan Geri Syahril Sidik. “MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V PADA DASAR-DASAR GERAKAN TARI KREASI MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI SUKASARI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4012–4018. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4208.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmad, M. Y., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 222–243.

Azwar, N. (n.d.). PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MAN ACEH BARAT DAYA.

Fajriati, R. (2023). PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASARDALAM MEMANFAATKAN BARANG BEKAS PADA MATA PELAJARAN SBDP. 5(2).

Farhana, H. (n.d.). PENELITAN TINDAKAN KELAS.

Hasanah, U. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI POKOK MEMAHAMI GERAK TARI TRADISIONAL DENGAN MENGGUNAKAN UNSUR PENDUKUNG TARI (IRINGAN) MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VIII 3 SMP NEGERI 1 KUALA SIMPANG. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 191–202. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i1.24

lfah, D. U., & Giyartini, R. (2022). Pengenalan Gerak Dasar Tari Sunda di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 495–506.

Indriyanti, P., & Sari, D. I. P. (2017). EKSPLORASI MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SENI TARI DI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i1.1524

Martono, M. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (Pengantar Kajian Pembelajara Efektif). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.22856

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 79 PEKANBARU. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 204. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287

Noor, Y., Sidik, G. S., & Wakih, A. A. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Dasar Seni Tari Klasik (Tari Dasar Putri) Melalui Metode Demontrasi. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 2, No. 2, pp. 155-162).

Permatasari, K. I., & Khorinimah, S. M. (2023). Penerapan Seni Tari Pada Mata Pelajaran SBDP di Sekolah Dasar. 6(2).

Sidik, G. S. (2016). ANALISIS PROSES BERPIKIR DALAM PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING. 2(2), 192–204. Https://Dx.Doi.Org/10.30870/Jpsd.V2i2.799

Wakih, A. A., Masunah, J., Narawati, T., & Rakhmat, C. (2023). Ideologi Sosial Dalam Kesenian Tradisional Angklung Sered: Dari Alat Perjuangan Hingga Sebagai Sarana Hiburan Masyarakat. Panggung, 33(2), 225–241. https://doi.org/10.26742/panggung.v33i2.2586

Widati, S. (2016). PENINGKATAN KREATIVITAS TARI KREASI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. 6(1).

Yulmarni, Y. (2021). UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA TARI SELAMPIT DELAPAN DI SMAN 1 KOTA JAMBI. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 207–214.