ANALISIS METODE PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SISWA KELAS VI SDN CIPONDOH 6 KOTA TANGERANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Analisis Metode Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Siswa Kelas VI SDN Cipondoh 6 Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi pada siswa kelas VI SDN Cipondoh 6 Kota Tangerang dan mengetahui perbedaan respons dan keterlibatan siswa dengan berbagai latar belakang kemampuan dan minat terhadap metode pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VI SDN Cipondoh 6 Kota Tangerang. Penelitian ini meliputi penerapan metode pembelajaran dan juga respons siswa terhadap pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode ini telah dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan perbedaan karakteristik peserta didik, baik dari kemampuan akademik, gaya belajar, maupun minat individu. Penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam kegiatan belajar-mengajar dan respons peserta didik menjadi lebih aktif, termotivasi, dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abudin Nata. (2011). Analisis Strategi Pembelajaran. Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 181. https://doi.org/10.57251/hij.v1i1.67
Adhandyani. (2020). Metode Observasi dalam Penelitian Kualitatif.
Afendi. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah.
Agustiana, D. M., Malik, M., & Rumiati, S. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues, 3(2), 522–533. https://doi.org/10.37640/jcv.v3i2.1869
Erlin Ristianti Kusumadewi. (2023). Pengaruh Model PjBL Terhadap Hasil Materi Jenis Usaha dan Ekonomi di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 5(4), 166–174. https://doi.org/10.61227/arji.v5i4.136
Ernawati. (2022). Pendidikan Inklusi. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Isroani, F. (2023). Tantangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04), 351–368. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.8114
Jayadi. (2022). Studi Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(2), 118–126. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15781
Kartini, A., & Hidayah, N. (2024). Peran Guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Seni. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 22. https://doi.org/10.26418/jdn.v2i1.75020
Khairunnisa, K., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Komunikatif untuk PPKn Jenjang Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.3970
M. Sobri. (2009). Belajar dan Pembelajaran , Prospect. Bandung, 2009.
Maesaroh. (2013). Teknik Kombinasi: Metode Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab. Pendidikan, 155.
Mariati. (2024). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Beridiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Civic Hukum, 9(1), 20–29. https://doi.org/10.22219/jch.v9i1.28757
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1-58.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Mike Nurmalia Sari. (2022). University Students’ Perceptions Of Ai-Based Adaptive Reading Platforms In English Education Contexts. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/537
Miles, Huberman, & S. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi) disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, UPN “Veteran” Yogyakarta Press.
Ningrum, L. N., & Magdalena, I. (2024). Konsep Model Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(6), 12–22. https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769
Nirmala. (2023). Analisis pendekatan Berdiferensiasi Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Di SD Negeri Bandungrojo. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 4(1), 235–237.
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798–1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158
Oaksford and jones. (2001). Technical / Technology Education Students At the Secondary. African Journal of Teacher Education, 1(1), 106–114. https://doi.org/10.21083/ajote.v1i1.1581
Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. In Αγαη (Vol. 15, Issue 1).
Popham. (2022). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(3), 170–190.
Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i1.32402
Rahmawati, D., & Lutfi. (2024). Analisis Penerapan Metode Ceramah dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Pemahaman Materi Peran Ekonomi dalam Menyejahterakan Masyarakat di Mata Pelajaran IPS. 2, 510–518.
Ramadhan Andri. (2022). Skripsi Andri Ramadhan S,Pd. Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di Smp N 19 Kota Jambi.
Rosyadi Khoirun. (2004). Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusyan. (1996). Metode Pembelajaran Pkn Problem Base Learning (Pbl) Dan Metode Student Facilitator and Explaining (Sfae) Terhadap Aktifitas Belajar Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 7. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/download/889/609/
Sandu dan Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian,. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Sinaga, D. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif). Jakarta: UKI Press.
Sinaga, N. A., Ningtiyas, F. A., Mahmuzah, R., Zahara, Y., & Fatwa, I. (2023). The Effect of Deductive-Inductive Learning Approach on Creative Thinking Ability and Learning Motivation. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 7–14. https://doi.org/10.24114/paradikma.v16i2.46952
Sopianti. (2023). Analisis Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPAS di SDN 09 Baringin. … : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 68–76. http://www.jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/download/866/401
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.33369/joll.4.1.15-22
Setiawan, A. Y., Putri, N. N., Tataningtyas, A., Anggraini, D. R., Fibiani, M., Wardani, D. T. K., & Widyartono, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Konten Pada Teks Tanggapan Buku Fiksi Dan Nonfiksi Di Smp Negeri 5 Karangploso. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 4-4.