PENGARUH KESEJAHTERAAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU MENGAJI DI KECAMATAN WALENRANG TIMUR KABUPATEN LUWU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan guru mengaji, motivasi mengajar guru mengaji, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kesejahteraan terhadap motivasi mengajar guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu, dengan cara membagikan angket kepada guru mengaji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto. Adapun jumlah populasi dan sampel adalah seluruh guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu yang berjumlah 47 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 47 guru mengaji. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, dengan menggunakan bantuan Microsoft Office Excel dan Statistical Package For Social Science (SPSS) vers 25. Hasil Penelitian menunjukan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu beragam berdasarkan tiga indikator utama yaitu kesejahteraan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan kesejahteraan psikologis. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata persentase nilai keseluruhan dari indikator kesejahteraan yang memperoleh nilai persentase sebesar 81%, dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan tingkat kesejahteraan responden berada pada kategori tinggi. Motivasi mengajar guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu mengalami peningkatan yang signifikan dengan adanya kesejahteraan yang diberikan. Hal ini terlihat pada rata-rata persentase nilai keseluruhan dari indikator motivasi mengajar guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu yang memperoleh nilai sebesar 93%, maka dapat dikatakan motivasi mengajar guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur sangat tinggi yang ditunjukkan oleh guru mengaji yang memiliki komitmen kuat karena dorongan dari dalam diri serta dukungan dari luar, seperti penghargaan dan insentif. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesejahteraan terhadap motivasi mengajar guru mengaji di Kecamatan Walenrang Timur Kabupaten Luwu, dalam hal ini pengaruh yang diberikan variabel kesejahteraan terhadap motivasi mengajar guru mengaji sebesar 32,1%.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Hilal Mahmud. 2015. Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif),” Penerbit Aksara Timur.
Ahmad Ihsan Syarifuddin and Dzurrotun Afifah Fauziah. 2021. Fenomena Islam Dan Media Sosial Di Indonesia. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman 6, no. 2.
Sarmila, Nurdin K, and Kartini. 2022. Manajemen Pendidikan Akhlak Santri. Kalola: Journal of Islamic Education Management 7, no. 2.
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN:Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2.
Aruny Amalia Syahida and Daliman Daliman. 2023. Kesejahteraan Psikologis Pada Guru PAUD Laki-Laki (Sebuah Pemaknaan Diri Sebagai Figur Ayah. Jurnal Obsesi:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 5.
Ashari Siti Khoiriyah, Fadly Usman. 2023. Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Guru Di MI Ma’arif NU Hidayatul Mubtadiin Padangasri Jatirejo Mojokerto. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa 1.
Timothy A. Judge. Stephen P. Robbins. 2017. Organizational Behavior, Ed. Ke-17. Harlow: Pearson Education.
Widarto. 2013. Penelitian ExPost Facto. Fak. Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.