PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Aulia Nur Hafinda
Dede Hadiansah
Wawan Setiwardani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDIT Al-Ishlah Sudimampir yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa hasil belajar (pretest dan posttest) serta angket motivasi belajar. Data yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media wordwall. Nilai rata-rata motivasi dikategorikan tinggi, sedangkan rata-rata hasil belajar meningkat dari 11,83 menjadi 15,50. Hasil uji t diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan media wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media wordwall efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk memanfaatkan media digital interaktif sebagai alternatif strategi pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi pendidikan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nur Hafinda, Aulia, Dede Hadiansah, dan Wawan Setiwardani. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3975–3985. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4243.
Bagian
Artikel

Referensi

Aeni, N. A., Djuanda, D., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313

Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sdn Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti. U., & Soleha, N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Aly, M. I. B., & Kamoro, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XIMia SMA Negeri 4 Pulau Morotai Kecamatan Morotai Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 544–551.

Andini, A. D., & Rahmiati. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(4), 5695–5706.

Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAMMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Kependidikan, 117–134.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108.

Audie, N. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1).

Aulia, R., & Sontani, U. T. (2018). Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar ( Classroom management as a determinant of student achievment ). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 3(2), 9–17.

Barokah, A., Safitri, I., Lestari, N. A., & Rosita, I. (2024). ANALISIS PEMANFAATAN WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Darmawan, D., Issalillah, F., Retnowati, E., & Mataputun, D. R. (2021). Peranan Lingkungan Sekolah dan Kemampuan Berkomunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 4(1), 11–23.

Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, asywa A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.

Fadjarajani, S., Rosali, E. S., Pinem, R. J., Sudirman, A., & Widiastuti, I. (2020). METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Multidisipliner.

Hadi, W., Sari, Y., & Pasha, N. M. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 466–473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570

Hasanah, K. U., Maknun, M. N. Z., & Aisyah, N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Berkala Ilmiah Pendidikan Volume, 4.

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminat Nasional Paedagoria, 3, 527–532. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16858/pdf

Kristiani, E., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 197–211. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1027

Lafendry, F. (2023). TEORI PENDIDIKAN TUNTAS MASTERY LEARNING BENYAMIN S. BLOOM Ferdinal Lafendry. 6(1), 1–12.

Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SDN MERUYA SELATAN 06 PAGI. 3, 312–325.

Marlina, L., & Sholehuh. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG. FRASA:Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 66–74.

Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital , Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5, 53–77.

Mukhid. (2021). Metodologi penelitian pendekatan kuantitatif. Jakad Media Publishing.

Nadia, D. O., & Desyandri. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924–1933.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nursidiq, A. P., & Batubara, H. H. (2022). PENGALAMAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11, 1319–1334.

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. JASSI_anakku, 20(1), 40–51.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Priscillia, Z. E., & Mufidah, E. (2023). PENERAPAN KUIS ONLINE WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA PENDAHULUAN Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan bukanlah hal yang luar biasa lagi , Revolusi Industri 4 . 0 ini mencakup beberapa aspek perubahan dan salah satunya yaitu pada dunia pen. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 61–69.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74

Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 289–302.

Restu, N. K., Sutini, A., & Dewi, D. A. (2023). Pengaruh media wordwall sebagai instrumen penilaian PPKN SD terhadap kemampuan literasi digital dan kreatifitas guru dalam mengajar. Elementary Education, 06(01), 94–101.

Rezani, S. S., Nugraha, E., & Sadeli, L. (2023). Penerapan Metode Picture and Picture Berbantuan Media Digital Wordwall Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasif Kelas Viii Di Smp Pasundan 1 Bandung. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(2), 106–116. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.649

Rusdi, Herlina., Ervianti, Rifadhilla., Adrias., zulkarnaini, A. P. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10.

Saputri, H. A., Zulhijrah, Larasati, N. J., & Shaleh. (2023). ANALISIS INSTRUMEN ASSESMEN : VALIDITAS, RELIABILITAS, TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD, 09, 2986–2995.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI. 4(April), 195–199.

Simaremare, J. A., & Purba, N. (2021). METODE COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA (Edisi Pert). WIDINA BHAKTI PERSADA.

Sjam, D. A., & Maryati, T. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Susanti, & Zulfiana, A. (2017). ICT PEMBELAJARAN JENIS-JENIS MEDIA DALAM PEMBELAJARAN.

Swari, N. K. T. A. (2023). Wordwall As a Learning Media To Increase Students’ Reading Interest. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 11(1), 21–29. https://doi.org/10.23887/jpbi.v11i1.1572

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Wahid, A. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. ISTIQRA’.

Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Wordwall Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 7(2), 105–115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140

Warti, K., Riyoko, E., & Irawan, D. B. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 137 Palembang. Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 321–336.

Winingsih, L. H., Hariyanti, E., & Sari, L. S. (2020). Penguatan ranah psikomotorik siswa Sekolah Dasar. Pusat Penelitian Kebijakan.

Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4 (2), 115–118.

Zulfa, E., Roshayanti, F., & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Ppkn Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4684–4692. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1138