PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA PELAJARAN IPAS KELAS III SDN 101843 BANDAR BARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media pembelajaran Pop-up book, keefektifan media pembelajaran Pop-up book , dan kepraktisan media pembelajaran Pop-up book. Jenis Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D),subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SDN 101843 Bandar Baru kelas III dengan total keseluruhan siswa berjumlah 20 siswa 1 orang guru kelas. Metode penelitian ini adalah pengembangan media yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 langkah prosedur pengembangan yaitu Analyze (analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan dari media pembelajaran mendapatkan persentase oleh ahli materi 98,1% dengan kategori “ Sangat Valid” dan persentase oleh ahli media 98,6% dengan kategori “ Sangat Valid”. Media pembelajaran Pop-up book sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Uji kepraktisan diperoleh dari penilaian oleh praktisi pendidikan dengan mendapatkan 98,1% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan uji keefektifan yang diperoleh sebelum menggunakan media pembelajaran Pop-up book mendapatkan nilai rata-rata 41,9% dengan kategori “tidak efektif” dan setelah menggunakan media pembelajaran Pop-up book nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 86,3% kategori “cukup efektif” dan nilai yang diperoleh siswa diatas KKM antara 70-90 setelah menggunakan media pembelajaran Pop-up book
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahli Mahsun, d. (2023). IPS Kependidikan Dasar. Jawa Timur: Nawa Litera Publishing.
Andri Yandi, A. N. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara(JPSN), 1, 13-24.
Azmi, Z., Masrul, M., & Daulay, M. I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Permainan Beban Pikiran. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 6032-6039.
Badoa, W. V., Sumampow, Z. F., & Legi, M. Y. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Passi. Edu Primary Journal, 5(1), 127-139.
Batubara, H. (2020). Semarang : Perpustakaan Nasional dalam Terbitan (KDT). Media Pembelajaran Efektif.
Budiyono, S. (t.thn.). Yogyakarta: Aswaja Pressindo . Manajemen Penelitian Pengembangan ( Research & Development ) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and development, 8 (2), 468-470.Dasar . Pernik Jurnal PAUD, 3(1), 35-44.