EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS IV MINU NGINGAS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media pembelajaran flashcard multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV MINU Ngingas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan mufrodat siswa yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group pretest–posttest. Subjek penelitian melibatkan 54 siswa kelas IV, terdiri dari 27 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan flashcard multimedia dan 27 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan flashcard sederhana. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbasis HOTS sebanyak 10 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t berpasangan, uji t independen, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard multimedia secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa (p < 0,005). Nilai rata-rata peningkatan N-Gain kelompok eksperimen sebesar 55,6% (kategori cukup efektif), sedangkan kelompok kontrol hanya 16,6% (kategori tidak efektif). Dengan demikian, media flashcard multimedia dinilai efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab, khususnya dalam penguasaan mufrodat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aisyah, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Multimedia terhadap Hasil Belajar Mufrodat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Haris, A., dkk. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Flashcard dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Islam.
Hasanah, N. (2021). Penggunaan Media Mufrodat Waroqil Maqwa terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Jurnal Al-Lughah.
Kartiwa, S. (2022). Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Nurliza, L. (2025). Pengembangan Media Flashcard Multimedia untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Universitas Sunan Giri.
Rahmawati, E. (2021). Penerapan Media Flashcard untuk Peningkatan Daya Ingat Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.