STRATEGI GURU DALAM MELIBATKAN ORANG TUA PADA PEMBELAJARAN LITERASI DINI DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini mengeksplorasi strategi guru dalam melibatkan orang tua pada pembelajaran literasi dini di kalangan siswa kelas satu. Menyadari pentingnya peran keterlibatan orang tua dalam mendukung perkembangan literasi anak, penelitian ini berfokus pada bagaimana guru merancang dan menerapkan strategi praktis untuk memperkuat kolaborasi antara rumah dan sekolah. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan dua orang guru, delapan orang tua, dan kepala sekolah SD Bunga Persada di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman.
Temuan penelitian mengidentifikasi tiga strategi utama yang digunakan guru untuk meningkatkan keterlibatan orang tua: (1) strategi berbasis komunikasi, seperti buku komunikasi harian, grup pesan digital, dan pertemuan rutin; (2) aktivitas literasi berbasis rumah, termasuk membaca bersama, jurnal keluarga, dan pendampingan membaca; serta (3) program kolaboratif berbasis sekolah, seperti hari literasi, pojok baca, dan kelas terbuka. Guru menyesuaikan strategi-strategi ini dengan kondisi sosial ekonomi keluarga untuk memaksimalkan partisipasi. Tingkat keterlibatan orang tua bervariasi, dengan 37,5% sangat aktif, 50% cukup aktif, dan 12,5% kurang aktif. Perbedaan ini dipengaruhi oleh pendidikan orang tua, pekerjaan, persepsi terhadap literasi, dan kualitas komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan pemberdayaan orang tua melalui pelatihan, peningkatan keterampilan komunikasi guru, serta penerapan kebijakan sekolah yang inklusif untuk memperkuat kemitraan literasi.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agung, I. (2017). Peran fasilitator guru dalam penguatan pendidikan karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.
Ananda, R., Aprilia, P. R., Maiyolanda, A., & Rahmadani, S. (2025). LITERASI PENDIDIKAN DASAR (SEKOLAH DASAR) DAN PERMASALAHANNYA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 565–577.
Arifin, R. Z., & Tumin, T. (2025). The Role of Collaboration Between Educators and Parents in Creating Effective Learning Administration. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 79–87.
Laia, H. H. (2025). ANALISIS PARTISIPASI GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN WAKTU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(2), 426–440.
Lynch, J. (2021). Elementary School Teachers’ and Parents’ Perspectives of Home-School Engagement and Children’s Literacy Learning in a Low-Income Area. School Community Journal, 31(1), 127–148.
Ngadni, I., & Shuang, C. Y. (2024). The role of preschool teachers, parents, and principals in facilitating home-school partnership in early childhood education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(8), 337–352.
Ngulwiyah, I., & Hasanah, R. (2024). Penerapan Budaya Literasi Sebagai Upaya Memotivasi Belajar Membaca pada Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(3), 432–443.
Oranga, J., Matere, A., & Nyakundi, E. (2023). Importance and types of parental involvement in education. Open Access Library Journal, 10(8), 1–9.
Putri, D. G., & Latif, L. (2025). Peran Orang Tua dan Guru terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(2), 834–842.
Putri, I. T. A., Agusdianita, N., & Desri, D. (2024). Literasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar era digital. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3).
Rochaendi, E., Fuadi, A., Sari, I. P., Ariyani, Y. D., Sholihah, D. A., Asiatun, S., & Kholik, N. (2025). The Role Of Parents In Improving Literacy Skills Of Elementary School Students In Early Grades Through A Home-Based Literacy Program (A Case Study On Early Grades In Bantul Regency, Yogyakarta). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1386–1394.
Sirait, C., & Harahap, S. H. (2024). Analisis penerapan literasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar terhadap keterampilan menulis siswa.
Steiner, L. M., Hindin, A., & Rizzuto, K. C. (2022). Developing children’s literacy learning through skillful parent–child shared book readings. Early Childhood Education Journal, 50(4), 539–553.
Suciana, F., & Rahmadani, D. (2025). LITERATURE REVIEW: PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAPKEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(2).
Wachidah, L. R., & Putikadyanto, A. P. A. (2024). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Literasi Bahasa Ramah Anak pada Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 207–218.