SOSIALISASI DAMPAK PENGGUNAAN BAHASA GAUL PADA KALANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Candra Tri Utami
Julia Anis Handayani
Aan Yuliyanto
Tia Citra Bayuni
Natasya

Abstrak

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh penggunahan Bahasa gaul terhadap Kemahiran berbahasa Indonesia yang baik dan formal serta dapat mempertahankan identitas budaya peserta didik. Selain itu, dapat memberikan solusi praktis menggunakan komik edukatif “Si Kodu” yang dapat peserta didik baca sebagai contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baku. Berdasarkan hasil pengamatan, (a) sebanyak 38,2% peserta didik yang “selalu” menggunakan bahasa Indonesia baku di sekolah. Selebihnya, peserta hanya sering, bahkan jarang menggunakan Bahasa baku di sekolah, (b) kemampuan mengingat peserta didik masih dalam kategori rendah, hal tersebut dibuktikan karena intensitas membuka buku masih sering dilakukan. Ketika memperagakan, peserta didik masih terbata-bata dan kaku menggunakan Bahasa yang baku, sehingga perlu dilakukan evaluasi berkala

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Utami, Candra Tri, Julia Anis Handayani, Aan Yuliyanto, Tia Citra Bayuni, dan Natasya. “SOSIALISASI DAMPAK PENGGUNAAN BAHASA GAUL PADA KALANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 3, 2025): 4559–4566. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4308.
Bagian
Artikel

Referensi

Bajuri, M. Z. J. (2024). Perkembangan Bahasa di Media Sosial: dari Bahasa Gaul hingga Singkatan Populer. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2).

Mailani, O. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Sebayang, R. R. (2024). Dinamika bahasa gaul dan serapan asing di era digital: Dampaknya terhadap kemampuan berbahasa Indonesia baku. BAHTRA: Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(02), 19-31.

Sitanggang, A., Sari, B. P., & Aulya, F. (2024). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul Dikalangan Siswa Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 10 Medan. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 238-244.