PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA: TINJAUAN LITERATUR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan teknologi digital dan popularitas game online telah memicu meningkatnya perhatian terhadap dampak perilaku bermain game terhadap kesejahteraan emosional remaja. Intensitas bermain game online yang tinggi dapat memengaruhi regulasi emosi dan berpotensi memunculkan perilaku adiksi, yang pada gilirannya berdampak pada prestasi akademik dan interaksi sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas bermain game online terhadap kondisi emosional siswa melalui kajian literatur dari berbagai jurnal nasional dan internasional terbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan pendekatan analisis tematik, mencakup identifikasi, sintesis, dan interpretasi hasil penelitian terdahulu yang relevan mengenai game online, regulasi emosi, dan perilaku remaja. Hasil kajian menunjukkan bahwa intensitas bermain game online berkorelasi dengan peningkatan risiko emosi negatif, termasuk kecemasan, stres, dan agresivitas, namun regulasi emosi berperan sebagai faktor protektif yang signifikan (Naeem, Rafique, Nazir, & Rasool, 2025; Gross, 1999). Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pengelolaan waktu dan pelatihan regulasi emosi bagi siswa untuk mencegah dampak negatif adiksi game online. Kesimpulannya, artikel ini memberikan pemahaman mendalam mengenai hubungan antara intensitas bermain game dan kondisi emosional remaja, sekaligus merekomendasikan penelitian lanjutan dengan metode empiris atau longitudinal untuk memvalidasi temuan dan mengembangkan intervensi efektif.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akhda, V. E., Febriana, B., & Setyowati, W. E. (2025). Hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku kekerasan pada remaja SMA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 6(1). https://doi.org/10.31004/jkt.v6i1.43305
Bawamenewi, A. N. M., & Syaimi, K. U. (2024). Hubungan kontrol diri dengan kecanduan game online pada siswa di SMP Negeri 2 Medan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(1). https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5263 Jurnal STKIP Subang
Crepax, T., & Muehlberg, J. T. (2022). Upgrading the protection of children from manipulative and addictive strategies in online games: Legal and technical solutions beyond privacy regulation. arXiv. arXiv
Den, E., & Tjingaisa, Y. F. (2024). Hubungan kecanduan bermain game online dengan perilaku agresif pelajar pada SMA Negeri 6 Halmahera Utara. LELEANI: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 4(1), 49–55. https://doi.org/10.55984/leleani.v4i1.194 E-Jurnal LPPM UNHENA
Fajar, M. F., Masyhuri, M., & Muda, Y. (2024). Kecanduan Game Online pada Remaja. Journal of Education Research, 5(3), 3995–4001. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1273 Jurnal Penelitian Pendidikan
Gross, J. J. (1999). Emotion regulation: Past, present, future. Cognition and Emotion, 13(5), 551–573.
Halawa, A. (2021). Kecanduan Game Online pada Remaja dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua. Jurnal Keperawatan, 10(2). https://doi.org/10.47560/kep.v10i2.293 Jurnal Stikes William Booth
Kurniawan, D. K. (2025). Pengaruh kecanduan game online pada remaja terhadap perkembangan psikolog anak dengan tingkat kecemasan orang tua. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JPPG/article/view/10835 Jurnal UMSU
Mulyani, U., & Fitriani, W. (2022). Dampak Emosi Remaja Kecanduan Bermain Game Online Mobile Legends di Kecamatan Mandau. JCOSE: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1). Jurnal Bimbingan dan Konseling
Najah, R. S. (2023). Efektivitas regulasi emosi untuk mengurangi adiksi game online peserta didik. Jurnal BK UNESA, 13(2). Ejournal Universitas Negeri Surabaya
Najah, R. S., & Nuryono, W. (2024). Efektivitas konseling individu menggunakan latihan regulasi emosi untuk mengurangi adiksi game online peserta didik. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 40(2). https://doi.org/10.36456/helper.vol40.no2.a7493 Jurnal Unipasby
Nuradi, E. P., & Hasibuan, M. T. D. (2024). Hubungan kecanduan bermain game online dengan kesehatan emosional anak di Kota Medan. Indonesian Trust Health Journal, 8(1). https://doi.org/10.37104/ithj.v8i1.350 Jurnal Murni Teguh University
Pranata, M. Z., & Diana, R. R. (2023). Kecanduan Game Online pada Remaja Ditinjau dari Keberfungsian Keluarga dan Regulasi Diri. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s). https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12346 Jurnal UIR
Sari, R., & Nugraha, F. (2023). Relationships between online gaming and emotional intelligence. Jurnal Psikologi Remaja, 8(2), 89–102.
Satapathy, P., … (2024). Burden of gaming disorder among adolescents: A systematic review and meta analysis. Journal of Behavioral Addictions, 13(1), 1–19.
Shyarsheina, P., & Sari, R. O. (2023). Hubungan kecanduan game online Mobile Legends terhadap pengelolaan emosi pada remaja. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 310–315. https://doi.org/10.62017/merdeka Jurnalistiqomah
Sun, H., Wua, D., Liu, W., Yu, G., & Yao, M. (2025). Emotionally Vulnerable Subtype of Internet Gaming Disorder: Measuring and Exploring the Pathology of Problematic Generative AI Use. arXiv. arXiv
Suryawan, A. F., & Hazim. (2025). Emotional Intelligence of Teenagers Addicted to Online Games. Indonesian Journal of Education Methods Development, 20(1), 921.
Brand, M. (2019). The I PACE model: A theoretical framework for the development and maintenance of specific Internet use disorders. Addictive Behaviors Reports, 9, 100–115.
Ivone, J., Sinaga, I. A., & Hasianna, S. T. (2025). The relationship of online game addiction to changes in emotional regulation of medical faculty students at Maranatha Christian University. Jurnal Profesi Medika, 19(1), 1–7. https://doi.org/10.33533/jpm.v19i1.10739 Jurnal UIR+1
Hutabarat, W., & Maulana, S. (2024). Hubungan kecanduan game online dengan perilaku agresif remaja di SMP Negeri 2 Pancur Batu. Jurnal Psikologi (JPd). https://ojs.co.id/1/index.php/jpd/article/download/3250/3914/6875 OJS
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.