IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Model pembelajaran inovatif menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) merupakan salah satu mata pelajaran yang memerlukan model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pustaka tentang implementasi model pembelajaran inovatif dalam pelajaran IPAS di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah review literatur dengan menggunakan kata kunci "model pembelajaran inovatif", "pelajaran IPAS", dan "sekolah dasar". Hasil review menunjukkan bahwa model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Namun, masih terdapat beberapa tantangan dalam implementasi model pembelajaran inovatif, seperti kurangnya sumber daya dan kurangnya pelatihan guru.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Dauly, N. I., Wuryani, M. T., Muslim, R. I., & Nurani, D. C. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS Kelas V SD N 1 Wonokerso. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 11(1), 211–222.
Dewi, K. S., Abadi, I. B. G. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). E-LKPD Interaktif Berbasis Model Example Non Example Muatan IPAS Materi Norma dalam Adat Istiadat Daerahku. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(3), 349–359. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i3.75482
Febriana, M. D. (2022). Mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(4), 148–153.
Febriani, N., & Widiyanto, R. (2023). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291
Firdausa, R. A., & Darmawan, P. (2024). Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPAS Menggunakan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR). Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 26–35. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2024.004.01.04
Inggaswana, A. C., Suminar, T., & Widiarti, N. (2025). Strategi Inovatif dalam Pembelajaran IPA: Kolaborasi Media Augmented Reality dan PjBL di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), Article 02. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29665
Khofifah, B., Fendrik, M., & Wita, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(5), 5812–5824. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7560
Khusnaeni, N., Erviana, V. Y., & Solichah, A. (2025). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS dengan Model Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.26811/didaktika.v9i1.1583
Kusmana, D. A., & Putri, S. M. (2025). Implementasi Pendekatan Joyful Learning Berbasis Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.33578/kpd.v4i3.p294-299
Putri, C. P., Sutopo, Y., Yuwono, A., & Sumartiningsih, S. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Project Based Learning dalam Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.51878/science.v4i4.4064
Rahmayanti, D., Meilina, F., & Islamyati, A. Z. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Wujud Zat dan Perubahannya pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8901
Raihan, S., Pada, A., Makassau, A., Idrus, N. A., & Tati, A. D. R. (2025). Inovasi Kurikulum Pembelajaran IPAS Berbasis Proyek Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), Article 02. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24045
Rinjani, A., & Subiyantoro, S. (2024). Role Playing: Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i3.369
Sisi, L., Parisu, C. Z. L., & Aopmonaim, N. H. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Cakrawala Pembelajaran, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.64690/jakap.v1i3.299