Analisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Manajemen Waktu Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Kata Kunci:
tiktok, manajemen waktu, mahasiswa, interaksi manusia dan komputerAbstrak
Kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat telah membuat media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan mahaasiswa, salah satu contohnya adalah Tiktok. Aplikasi ini menampilkan video pendek yang menarik dan mudah di akses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Tiktok terhadap manajemen waktu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, serta melihat dari sudut pandang Interaksi Manusia dan Komputer. Penelitian ini menggunakan Penelitan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuesioner terhadap 10 mahasiswa. Hasil yang di dapatkan menunjukkan mayoritas responden merasa kesulitan dalam mengatur waktu akibat menggunakan Tiktok secara berlebihan, seperti menunda tugas dan waktu tidur terganggu. Tetapi responden juga merasakan dampak positif Tiktok, seperti hiburan, mengurangi stress, serta sumber informasi dan edukasi. Dari pandangan Interaksi Manusia dan Komputer, antarmuka Tiktok yang mudah digunakan, mudah dinavigasikan dan responsif meningkatkan kenyamanan pengguna, tetapi bisa membuat penggunaan berlebih jika tidak di control. Kesimpulannya, pengaruh TikTok terhadap manajemen waktu sangat bergantung pada seberapa intens orang menggunakan waktu mereka dan seberapa bijak mereka mengelolanya..
Referensi
Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.
Bur, R., Ayuningtyas, F., & Muqsith, M. A. (2023). Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Informasi Baru Generasi Z. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 189–198. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/260/105
Nuraeni, E., & Undayasari, D. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kualitas Belajar Anak Di Kelas 4 SDN 09 Cibiru. 8(1), 180–191. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/3159/2171
Pertiwi, W. K. (2020). Di Balik Fenomena Ramainya TikTok di Indonesia. KOMPAS.Com. https://tekno.kompas.com/read/2020/02/25/11180077/di-balik-fenomena-ramainya-tiktok-di-indonesia?page=all#google_vignette
Rahmana, P. N., Putri, D. A., & Damariswara, R. (2022). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Edukasi di Era Generasi Z. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 401–410. https://jurnal.uia.ac.id/index.php/akademika/article/view/1959/1283
Rosiana, P. S., Nurhidayat, A. R., Mohsa, A. A., & Ridha, A. A. (2023). ANALISIS APLIKASI TIKTOK BERDASARKAN PRINSIP DAN PARADIGMA INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN EVALUASI HEURISTIC. JITET (Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan), 11(3). https://journal.eng.unila.ac.id/index.php/jitet/article/view/3271/1461
Rosyadi, M. I. (2018). Tiktok Jadi Aplikasi Terbaik di Play Store. Detikinet. https://inet.detik.com/mobile-apps/d-4329137/tiktok-jadi-aplikasi-terbaik-di-play-store#google_vignette
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani, Z. . (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1301/1/Full Buku MP Kualitatif & Grounded Theory.pdf