ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP FITUR REGULAR DAN EKSPRES PADA FITUR GOFOOD

Penulis

  • Fachri Daffa Romadhoni Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Alya Salsabila Lubis universitas muhammadiyah tapanuli selatan
  • Lela Budiarti universitas muhammadiyah tapanuli selatan
  • Muhammad Irfan Lubis universitas muhammadiyah tapanuli selatan
  • Perian saleh universitas muhammadiyah tapanuli selatan

Kata Kunci:

User Experience, GOJEK, Heart Framework

Abstrak

Aplikasi mobile menjadi lebih populer, layanan masyarakat telah berubah karena kemajuan teknologi di era digital. GoFood adalah perusahaan pesan antar makanan terkemuka di Indonesia yang merupakan bagian dari ekosistem Gojek. Penelitian ini menyelidiki pengalaman pengguna GoFood di Kota Padangsidimpuan dengan menggunakan metode HEART (Happiness, Engagement, Adoption, Retention, Task Success) yang dikembangkan oleh Google. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan membandingkan pengalaman pelanggan dengan fitur Regular dan Express pada GoFood. Pengalaman ini diukur dari berbagai aspek, seperti kepuasan emosional, intensitas penggunaan, kemudahan penggunaan fitur, keberlanjutan penggunaan, dan tingkat keberhasilan pelanggan dalam memesan makanan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pengembang aplikasi Gojek meningkatkan antarmuka dan layanan mereka serta memberikan pemahaman yang lebih baik tentang preferensi dan kebutuhan pelanggan untuk layanan pengantaran makanan digital.

Referensi

B. Putrajaya, M. Rizky Erlangga P, A. Amalia, and A. Agung F, “Analisis User Experience Pada Pengguna Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Heart Framework,” Pros. Semin. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 46–51, 2022.

Y. Y. Marwanta, B. Badiyanto, and O. Irianto, “Implementasi Metode Analysis Goms Pada User Interface Dan User Experience Aplikasi Gojek Dan Grab,” JuTI “Jurnal Teknol. Informasi,” vol. 1, no. 2, p. 87, 2023.

G. Priambodo and B. M. Nainggolan, “Increasing Gojek Customer Satisfaction through Improving Service Quality, Price Perception, and Promotions,” Maj. Ilm. Bijak, vol. 21, no. 1, pp. 1–12, 2024.

N. A. Saxena, W. Zhang, and C. Shahabi, “Unveiling and mitigating bias in ride-hailing pricing for equitable policy making,” AI Ethics, vol. 5, no. 2, pp. 1549–1560, 2024.

F. R. Mahardika et al., “Surabaya Melalui Visualisasi Dashboard Hasil Klasifikasi Recommendations for Facility Development of Surabaya Hero Monument Through Dashboard Visualization of Classification,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 363–372, 2022.

Hidayat, T., Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Fauzi, R. (2019). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Lupus Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Education and Development, 7(3), 114-114.

Lubis K, Nasution H.N. (2023). Analisis Minat Belajar Terhadap Pelajaran Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 7–10

Lubis, Siregar A, & Nasution H.N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 54–61.

Muhammad Ricky Rahman, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy, & Ermawita. (2023). Perancangan Modul Ajar Aplikasi Coreldraw Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di Smk Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 48–53.

Muji, Nasution H.N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 29–34

Nasution, H. N. (2022). Perancangan Bahan Ajar Berbasis Media Pembelajaran Autoplay Media Studio 8.5 Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Muara Batang Gadis. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif dengan iSpiring Suite 8” PT. Nasya Expanding Management , 1-66

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Panduan Lengkap Microsoft Office 2016 Ms. Word, Ms. Power Point , dan Ms. Excel Untuk Pemula hingga Mahir, 1-146

Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan teknologi Informasi” Pena muda, 1-196

Novia, Nasution H.N. (2023). Perancangan Modul Panduan Penggunaan Aplikasi Construct 2 Sebagai Alat Bantu Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(3), 121–125

Pasaribu, Nasution H.N. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer Di Kelas X Rpl Smk Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 61–65.

Pranata, Nasution H.N. (2023). Rancang Bangun Buku Ajar Tik Berbasis Android Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15.

Rambe, I. N., Nasution H.N, Nasution. S. W. R. (2024). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Web Pada Materi Algoritma Dan Pemrograman Di Sma Negeri 1 Batangtoru. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 17–20.

Salsabilah, Nasution H.N, Nasution. S. W. R Hidayat T, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Perangkat Eksternal/Peripheral Komputer. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 42–47

Sarkiah, Nasution H.N Nasution. S. W. R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pbi) Berbasis Ispiring Suite Terhadap Minat . Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 9–16

Sartika, Nasution H.N. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas Xi Tkj Di Smk Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 38–44

Simorangkir, Nasution H.N dkk(2023). Perancangan Modul Praktikum Berbasis Android Pada Materi Perakitan Komputer Di Smk Negeri 1 Lumut. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 70–72.

Siregar Nasution H.N ,Hidayat T. (2023). Analisis Kesiapan Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pemrograman Dasar. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 1–5.

Yeni, Nasution H.N. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Materi Sistem Operasi Jaringan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(1), 45–50.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-23

Cara Mengutip

Romadhoni, F. D., Alya Salsabila Lubis, Lela Budiarti, Muhammad Irfan Lubis, & Perian saleh. (2025). ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA TERHADAP FITUR REGULAR DAN EKSPRES PADA FITUR GOFOOD . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 5(2), 101–108. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/3420

Terbitan

Bagian

Informatika