JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN <p>Jurnal Vinertek merupakan suatu publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Vokasional Informatika Instititut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berisi tentang hasil penelitian Informatika, Pendidikan dan Sosial. Tujuan dari Jurnal ini adalah sebagai media penyebaran informasi dan publikasi kajian technologi yang berkembang saat ini, pendidikan informatika yang dapat membantu dalam penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Jurnal Vinertek diterbitkan dalam 4 kali dalam setahun. Jurnal vinertek juga mempublikasikan tulisan ilmiah hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dari para Akademisi, guru dan mahasiswa yang berhubungan dengan kajian pendidikan.</p> id-ID vif.ipts@gmail.com (Ermawita) vif.ipts@gmail.com (Hanifah Nur Nasution, S.Kom., M.Kom.) Sen, 02 Des 2024 15:10:48 +0000 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1327 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran<br />Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sihapas Barumun. Perilaku belajar<br />merupakan sikap dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran. Perilaku siswa tentu tidak bisa dipisahkan<br />dari kebiasaan di sekolah maupun di luar sekolah sehingga memberikan karakteristik tertentu terhadap<br />perilaku belajarnya saat mengikuti proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan peneliti<br />yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan<br />kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang<br />berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa dalam mengikuti proses<br />pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI IPA memiliki perilaku baik. Hal ini<br />dibuktikan dengan hasil perhitungan yang diperoleh adalah nilai rata-rata 63,3 dan berada pada kategori<br />“baik”. Adapun nilai rata-rata persentase dari angket perilaku belajar siswa 23% yang berada pada kategori<br />“sangat baik” 30%, yang berada pada kategori “baik”, 26,9% yang berada pada kategori”cukup baik”, dan<br />19,2% yang berada pada kategori”kurang baik”.</p> Naga Sakti Harahap harahap, Febriani Hastini Nst, Ahmad Zainy Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1327 Sen, 02 Des 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI 2D PADA MATERI K3LH DENGAN BLENDER 3D UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMK AL-HUDA PADANG LAWAS https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1245 <p>Permasalahan yang terdapat di SMK Swasta Al-Huda Padang Lawas adalah guru menjelaskan materi pembelajaran masih dengan menggunakan metode ceramah, kurangnya variasi belajar, kurangnya penerapan media pembelajaran sehingga minat belajar siswa di SMK Swasta Al-Huda Padang Lawas kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran berbasis animasi 2 dimensi pada Mata Pelajaran kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan hidup menggunakan Blender 3D di SMK Swasta Al-Huda Padang Lawas untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi dan wawancara, wawancara kepada informan dan hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan hasil dari penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran animasi 2D ini dapat meningkatkan minat belajar siswa SMKS Al-Huda Padang Lawas.</p> Nurasiyah Harahap Hasibuan, Lukman Hakim Siregar, Dwi Aninditya Siregar Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1245 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MODUL PANDUAN PENGGUNAAN APLIKASI CONSTRUCT 2 SEBAGAI ALAT BANTU MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1512 <p>Pada abad ke 21 atau era globalisasi sekarang ini terjadi transformasi pada kemajuan ilmu dan teknologi, yaitu dengan perkembangan IPTEKS sangatlah cepat dan mempunyai dampak yang sangat bervariasi. Oleh karena itu para guru sebagai pendidik perlu menguasai dan menerapkan Teknologi Informasi, komunikasi dan pembelajaran. Karena setiap proses pembelajaran yang berkualitas akan dapat menghasilkan peserta didik yang berkualitas juga dan mempunyai ilmu dimasa yang akan datang dan dapat membangun bangsa. Dengan demikian Upaya pembaharuan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa yang efektif yaitu dengan menggunakan modul praktikum. Modul adalah dapat diartikan sebagai bahan ajar secara sistematis serta menarik,baik yang mencakup isi materi metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang modul modul aplikasi <em>construct</em> 2 dan untuk menguji kelayakan Modul aplikasi <em>construct</em> 2. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development (R&amp;D) Dengan menggunakan model atau pendekatan <em>ADDIE </em> <em>(1) Analysis, (2) design, (3) development, (4) implementasi, (5) evaluation. </em>Subjek Penelitiannya yaitu guru di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data ahli, <em>kuisoner</em> (Angket) respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Validasi Modul Praktikum Nilai persentase 93,3%, dan dapat di kategorikan sangat valid. Selanjutnya hasil persentase uji coba kelayakan dari respon guru mendapatkan nilai persentase 86,1% modul termasuk dalam kategori sangat baik.</p> Novia, Rahmad Fauzi, Hanifah Nur Nasution Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1512 Sen, 02 Des 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI POKOK JARINGAN LAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1504 <p>Salah satu masalah dalam pembelajaran disekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini diketahui dari fakta yang didapat oleh guru mata pelajaran peneliti menemukan masih banyak guru khususnya bidang studi teknik komputer jaringan yang mengajar menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan itu sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Model pembalajaran <em>Problem Based Learning </em> merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai materi pelajaran yang dipelajari.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok jaringan LAN di SMK Negeri 2 Panyabungan.jenis penelitian ini adalah kuantitatif, jenis desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control grup desain. Perlakuan awal dilakukan pretest terlebih dahulu sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran. Setelah dilakukan penerapan maka dilakukan posttest terhadap kelas yang sama. Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan PBL 83,15 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional 63,62. Berdasarkan uji statistik diperoleh t<sub>hitung </sub>21,157 dan t<sub>tabel</sub> 15,683. Jika nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>berarti maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Panyabungan.</p> Zulbahri, Rahmad Fauzi, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1504 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET (SMARTPHONE) TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOSOPAN https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1492 <p>Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, yang didasarkan pada hasil pengumpulan data. Adapun<br />kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dampak negatif dan dampak positif dari penggunaan gadget<br />(smartphone) terhadap karakter peserta didik, dimana dampak positifnya adalah dengan adanya gadget (smartphone)<br />dapat menambah pengetahuan bagi peserta didik, seperti mencari sumber informasi, meningkatkan kratifitas dalam<br />belajar peserta didik. Menurut respon peserta didik setelah dilakukan penelitian dampak positif dari penggunan<br />gadget (smartphone) dapat menambah pengetahan bagi peserta didik seperti mencari sumber atau informasi,<br />mencari referensi saat belajar, mempermudah komunikasi antara peserta didik dan guru arau sesama teman, dan<br />dapat meningkatkat kemampan dalam mengatur waktu. Kemudian dampak negatifnya adalah menggaggu<br />konsentrasi saat belajar, malas menulis dan membaca diakibatkan pada saat belajar peserta didik menjadi tidak fokus<br />dan hanya teringat dengan gadget (smartphone). Mrnurur respon peserta didik setelah dilakukan penelitian dampak<br />negatifnya yaitu dapat merusak penglihatan peserta didik, peserta didik menjadi malas belajar karena teringat dengan<br />gadget (smartphonnya), mengganggu konsentrasi peserta didik saat belajar, dan banyak peserta didik yang<br />kecanduan bemain gadget (smartpohne) nya. Implikasi penelitian merupakan arahan dan tindak lanjut dari makna<br />yang terkandung dalam temuan penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan banyaknya dampak negatif bagi peserta<br />didik. Contohnya seperti peserta didik yang kecanduan bermain gadget (smartphone) sehingga banyak peserta<br />didik yang menggunakan gadget (smartphone) pada saat proses belajar mengajar. Seharusnya dalam proses belajar<br />mengajar peserta didik tidak menggunakan gadget (smartphone), jika tidak dibutuhkan</p> Rummin Siregar, Hanifah Nur Nasution, Ahmad Zainy Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1492 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1270 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) berbasis praktikum pada mata pelajaran pemprograman dasar di kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan informan Guru Mata Pelajaran Pemprograman Dasar dan seluruh siswa dan siswi Kelas X RPL -1 SMK Negeri 1 Angkola Timur sedangkan objek dari penelitian ini adalah analisis model pembelajaran <em>P</em><em>roblem </em><em>B</em><em>ased </em><em>L</em><em>earning</em> (PBL) berbasis praktikum pada mata pelajaran pemprograman dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran angket ini menunjukkan bahwa model pembelajaran <em>P</em><em>roblem </em><em>B</em><em>ased </em><em>L</em><em>earning</em> (PBL) berbasis praktikum ini memiliki rata-rata 84,4% dalam kategori “sangat siap” layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas itu dilihat dari respon siswa yang terdapat pada hasil angket yang di isi oleh para siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Angkola Timur.</p> Ernilawati, Sari Wahyuni Rozi Nasution, Ahmad Zainy Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1270 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EMAZE DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA KELAS X TKJ PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/257 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan media pembelajaran Emaze dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa Kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non probability sampling. Sehingga didapat sampel penelitian sebanyak 23 siswa. Berdasarkan nilai rata-rata nilai Pre-Test sebesar 36,04 dengan kategori D+. Sedangkan nilai rata-rata pada Post Test sebesar 85,20 dengan kategori A- terlihat bahwa nilai rata-rata untuk hasil Post-Test kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata Pre-Test kelas eksperimen karena pada Post-Test kelas eksperimen sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Emaze. Agar diketahui hipotesis diterima atau ditolak, maka dianalisi menggunakan rumus uji “t-test”. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai “t-hitung” sebesar 12,120 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5 % adalah 1.711. Berarti hipotesis yang ditegakkan pada penelitian ini dapat diterima atau disetujui terhadap kompetensi siswa kelas X Tkj Smk Al-Habibi Sibuhuan.</p> Kartini Harahap, Rahmad Fauzi, Lia Purnama Sari Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/257 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS CLUSTER DENGAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING DATA DONATUR LEMBAGA AMIL ZAKAT https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1855 <p>K-Means <em>Clustering</em> merupakan metode untuk menghasilkan <em>k Cluster</em>, yang <em>k </em>didefenisikan oleh pengguna. Analisis <em>cluster</em> adalah salah satu metode analisis multivariat yang tujuannya untuk mengelompokkan suatu objek ke dalam suatu kelompok berdasarkan karasteristik tertentu. Dalam analisis <em>cluster </em>menentukan jumlah <em>cluster</em> awal sangat penting agar <em>cluster </em>yang dihasilkan juga optimal. Dalam penelitian ini, akan dilakukan analisis jumlah <em>cluster</em> yang&nbsp; optimal terhadap klasifikasi data menggunakan metode K-Means. Data dianalisis menggunakan model RFM dan dilakukan analisis perbandingan berdasarkan nilai DBI dan <em>cluster</em> <em>compactness</em> yang dinilai dari <em>average silhouette score</em>. Metode K-Means menghasilkan nilai DBI terkecil sebesar 0,485&nbsp; dan nilai <em>average silhouette</em> <em>score </em>tertinggi 0,781 berada pada jumlah k=6. Hasil menunjukkan metode terbaik untuk <em>cluster</em>ing data donatur adalah menggunakan metode K-Means dengan jumlah <em>cluster</em> optimal sebanyak 6 <em>cluster</em></p> Hotmaida Lestari Siregar Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1855 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ASSEMBLER EDU PADA MATA PELAJARAN DASAR PROGRAM KEAHLIAN https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1503 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan guru masih menggunakan metode konvensional , dimana pendekatannya melalui minat dan bakat dari setiap siswa dalam menyampaikan materi pembelajaran. media yang digunakan kurang menarik sehingga sebagian siswa tidak bisa memahami materi yang dijelaskan, minat belajar siswa sangat rendah karena kurangnya variasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Merancang Media Pembelajaran Menggunakan <em>Assembler EDU </em>Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Marancar dan mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Menggunakan <em>Assembler EDU </em>Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Program Keahlian Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Marancar. Media pembelajaran ini menggunakan metode R &amp; D (<em>Research and Development</em>) dengan model pengembangan <em>ADDIE </em> yang terdiri dari lima tahap yaitu <em>Analysis, Design, Development, Implementation, </em>dan <em>Evaluation. </em>Hasil Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan <em>Assembler ED </em>berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli Bahasa memperoleh nilai 96%, ahli media memperoleh nilai 90%, ahli materi memperoleh nilai 93%, dan respon siswa memperoleh nilai 94% dan ahli bahasa untuk media memperoleh nilai 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan <em>Assembler EDU </em>yang dikembangkan “Sangat Layak” digunakan sebagai sumber belajar mandiri dan membantu proses pembelajaran.</p> Desi Rahmadani Harianja, Hanifah Nur Nasution, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1503 Sen, 02 Des 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN SPADA PRODI PENDIDIKAN VOKASIONAL INFORMATIKA PADA MASA PENDEMI COVID-19 https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1502 <p>Adanya pendemi covid-19 menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19. Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing. Pendidikan menjadi salah satu bidang yang terdampak akibat adanya pendemi covid-19. dengan adanya interaksi, kementrian pendidikan Indonesia juga mengeluarkan kebijakan dengan meliburkan kampus dan mengganti proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan sistem daring. Namun perlu diketahui pembelajaran daring tidak akan telaksana jika mahasiswa tidak memiliki kuota internet dan jaringan internet yang tidak memadai. Berdasarkan uraian tersebut terdapat dampak penggunaan SPADA IPTS terhadap minat belajar mahasiswa dimasa pendemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu teknik menggunakan kuesioner (angket) dan wawancara. Responden penelitian berjumlah 40 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Pendidikan Vokasional Informatika berminat dengan menggunakan SPADA IPTS yang diperoleh nilai rata-rata 77,25 dan berada pada kategori“berminat”. Adapun nilai rata-rata persentase minat belajar mahasiswa adalah 45% yang berada pada kategori “sangat berminat”, 37,5% yang berada pada kategori “berminat”, 7,5% yang bereda pada kategori “cukup berminat” dan 10% berada pada kategori “kurang berminat”.</p> Indah, Rahmad Fauzi, Febriani Hastini Nasution Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1502 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 ANALISIS MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK NEGERI 1 PANYABUNGAN https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1493 <p>Minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Panyabungan kurang dilihat dari siswa yang tidak fokus memperhatikan pembelajaran di saat guru menjelaskan materi jaringan dasar, oleh sebab itu peneliti memberikan solusi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui analisis minat belajar siswa kelas x teknik komputer jaringan pada mata pelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 1 Panyabungan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus, karena penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk sebagai penelitian studi kasus dan hasil dari penelitian ini akan bersifat analisis deskriptif yang merupakan kata - kata tertulis atau lisan dari perilaku yang sudah diamati terutama terkait dengan Analisis Minat Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui penyebaran angket dan wawancara bahwa terdapat minat belajar siswa pada pembelajaran jaringan dasar. Hal ini dibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa dalam kategori “cukup tinggi”. dimana siswa sangat bersemangat dalam mengikuti pelajaran jaringan dasar yaitu semangat siswa dalam mengikuti pelajaran jaringan dasar yaitu 67,7% dan 32,2% tidak semangat mengikuti pelajaran jaringan dasar. Dan juga rasa senang mengikuti pelajaran jarigan dasar 96,8% dan hanya 3,2% tidak senang mengikuti pelajaran jaringan dasar</p> Khairani Lubis, Hanifah Nur Nasution, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1493 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN KINEMASTER SEBAGAI APLIKASI PEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1516 <p>Annisa, R. (2021). Pembelajaran Aktif dan Kreatif Menggunakan Teknologi Kinemaster. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.<br />Deci, E. L., &amp; Ryan, R. M. (2015). The 'what' and 'why' of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.<br />Esa, A. (2018). Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.<br />Mayer, R. E. (2019). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.<br />Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan, 25(2), 112-125.<br />Ruslan, A. (2019). Penggunaan Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa dan Sastra,</p> Riskyani, Lukman Hakim Siregar , Febriani Hastini Nasution Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1516 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL KELAS X DI SMKS YPIPL GUNUNGTUA https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1505 <p>Nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa kelas X SMKS YPIPL Gunungtua memperoleh nilai “65”, sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah “70”, ini menunjukkan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebab turunnya peserta didik adalah model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan pembelajaran daring. Penggunaan buku paket yang jarang digunakan peserta didik. Serta banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Hybrid Learning Dengan Bantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Di SMKS YPIPL Gunungtua. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS YPIPL Gunungtua. Instrumen yang dipergunakan adalah observasi dan tes dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dan adobe flash yang digunakan diperoleh skor rata-rata 70% dengan kategori “Baik” artinya model pembeljaran dan adobe flash mendapat respon yang positif dari siswa. dapat disimpulkan bahwa HO pada kelas eksperimen ditolak dengan Ha diterima karena sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran hybrid learning bantuan multimedia terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X ADM.</p> Fitri Handayani, Lukman Hakim Siregar, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1505 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL DI SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1494 <p>Siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung hal ini dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Kuantitatif.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain True-Expreminetal Design dengan tipe One Group Pretest and Postest Design. Populasiadalah seluruh siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 48 Siswa. Berdasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji paired sample test yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H0 pada kelas eksperimen ditolak dan Ha diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.</p> Indah Lestari Harahap, Lukman Hakim Siregar, Lia Purnama Sari Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1494 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBANTU APLIKASI ANYFLIP PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1514 <p>Pendidikan adalah salah satu aspek yang dapat menggambarkan bagaimana kualitas sumber daya manusia dalam suatu negara. Semakin bagus kualitas pendidikan dalam suatu negara akan semakin besar kesempatan bagi negara tersebut untuk mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbantu Aplikasi Anyflip Untuk Memfasilitasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMK Negeri 1 Sinunukan. Mengetahui Kelayakan, Kepraktisan dan Keefektivitasan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Anyflip Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMK Negeri 1 Sinunukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&amp;D (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu : Analisis (Analysis) , Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementatio) dan Evaluasi (Evalution). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Sinunukan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan lembar validasi berupa angket dari ahli materi dan media, respon siswa dan tes yang selanjutnya dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli media mendapatkan skor rata-rata 80% dengan kriteria “Layak”, validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 80% dengan kriteria “Layak”. Selanjutnya hasil persentase kepraktisan dari respon siswa mendapatkan skor 93% dengan kategori “Sangat Praktis”. Kemudian hasil tes kefektivitasan untuk melihat efektiv atau tidaknya bahan ajar elektronik setelah digunakan mendapatkan skor 86% dengan kriteria “Efektif”.</p> Muji, Hanifah Nur Nasution, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1514 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000 PERANCANGAN PEMBAYARAN SPP BERBASIS WEB UNTUK EFEKTIVITAS PEMBAYARAN SPP DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1499 <p>Penelitian ini bertujuan untuk Perancangan pembayaran SPP Berbasis Web dan untuk melihat Kepraktisan serta efektivitas pembayaran SPP di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batang Angkola. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian R&amp;D (research and development), model Penelitian R&amp;D yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode SDLC (Software Development Life Cycle). Tekik pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Perancangan Pembayaran SPP berbasis web di SMK Negeri 1 Batang Angkola peneliti membuat pembayaran secara web menggunakan program PHP dan Databasenya MySQL Dengan bantuan Xampp sebagai server local/localhost, didalamnya sudah mencakup program apache, MySQL dan Php. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada siswa untuk melihat kepraktisan Pembayaran SPP berbasis web di SMK Negeri 1 Batang Angkola diperoleh pencapaian persentase hasil angket sebesar 86.47 yaitu berada pada kategori sangat mudah. Dengan responden memberikan tanggapan kepraktisan Pembayaran SPP berbasis web dapat digunakan dengan sangat mudah. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan terkait dengan bagaimana efektivitas pembayaran SPP berbasis Web di SMK Negeri 1 Batang Angkola diperoleh nilai rata-rata hasil angket yang diberikan diketahui nilai rata-rata hasil angket sebesar 89.71 yaitu berada pada kategori efektif. Pencapaian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa meyatakan bahwa perancangan pembayaran SPP di SMK Negeri 1 Batang berbasis WEB sangat efektif dan membantu para siswa serata guru dalam melakukan transaksi pembayaran SPP.</p> Zainuddin, Muhammad Syahril Harahap2, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1499 Sen, 23 Okt 2023 00:00:00 +0000