JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN <p>Jurnal Vinertek merupakan suatu publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Vokasional Informatika Instititut Pendidikan Tapanuli Selatan yang berisi tentang hasil penelitian Informatika, Pendidikan dan Sosial. Tujuan dari Jurnal ini adalah sebagai media penyebaran informasi dan publikasi kajian technologi yang berkembang saat ini, pendidikan informatika yang dapat membantu dalam penyebaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Jurnal Vinertek diterbitkan dalam 4 kali dalam setahun. Jurnal vinertek juga mempublikasikan tulisan ilmiah hasil penelitian kualitatif dan kuantitatif dari para Akademisi, guru dan mahasiswa yang berhubungan dengan kajian pendidikan.</p> id-ID vif.ipts@gmail.com (Ermawita) vif.ipts@gmail.com (Hanifah Nur Nasution, S.Kom., M.Kom.) Sen, 26 Peb 2024 17:08:20 +0700 OJS 3.2.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EVEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1470 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran Aplikasi Sparkol <em>Videoscribe</em> efektif <em> </em>terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK di MAS Babussalam. Penelitian ini dilakukan di MAS Babussalam. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan metode Eksperimen desain <em>one groub pretest posttest</em>. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gambaran Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Sparkol Videoscribe di Kelas X1 MAS Babussalam berada pada kategori sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata hasil observasi sebesar 3.20. Gambaran minat belajar siswa sebelum pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe diperoleh nilai rata-rata hasil angket sebesar 69.41 yakni berada pada kategori cukup. Setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi sparkol videoscribe diperoleh nilai rata-rata hasil angket sebesar 74.52 yakni berada pada kategori Baik. Melalui uji hipotesis yang dilakukan diketahui nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>yakni 8.233 &gt; 1.306. Kemudian nilai signifikan yang di dapat sebesar 0.000 maka di ketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) &lt; 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian ini diterima, artinya “Terdapat efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi sparkol<em> videoscribe </em>terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK di Mas Babussalam</p> Ahmad Fahroji, Hanifah Nur Nasution, Eva Yanti Siregar Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1470 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1481 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan <em>E-modul</em> Interaktif Berbasis<em> Android</em> Menggunakan <em>Sigil Software</em> pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Sinunukan. Mengetahui kelayakan <em>E-modul </em>Interaktif berbasis<em> Android </em>Menggunakan <em>Sigil Software</em> pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Sinunukan. Penelitian Pengembangan ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan <em>research and developmen (R&amp;D)</em> prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan <em>ADDIE, </em>Menurut Tegeh dan Kirna model <em>ADDIE</em> terdiri dari 5 langkah yaitu : 1) analisis <em>(analyze),</em> 2) perancangan <em>(desain),</em> 3) pengembangan <em>(development)</em> 4), implementasi <em>(implementation)</em> dan 5) Evaluasi <em>(evaluation). </em>Uji Coba penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sinunukan yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ini yaitu menggunakan lembar validasi berupa angket dan analisis data untuk menghitung skor jawaban. Kualitas <em>e-modul</em> dengan menggunakan <em>sigil software</em> dikategorikan sangat layak oleh ahli media dan ahli materi. Untuk mengetahui tingkat kelayakan produk telah dilakukan tahap validasi yaitu : validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 90% dengan kriteria ”Sangat Layak”, validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 94% dengan kriteria ”Sangat layak”, dan uji coba kepada siswa mendapatlan skor rata-rata 92,68 dengan kriteria “Sangat Praktis”.</p> <p> </p> Aisyah, Hanifah Nur Nasution, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1481 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 RANCANG BANGUN BUKU AJAR TIK BERBASIS ANDROID DI SMA NEGERI 1 BATANGTORU https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1469 <p>Kemajuan suatu bangsa dipengaruhi oleh kualitas sumber daya alam manusianya. Kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan. Pemerintah dalam berbagai kebijakannya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan mutu pendidikan. Sehingga guru dituntut mampu menggunakan teknologi komputasi digital seperti penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancang bangun buku ajar TIK berbasis <em>android</em> dan untuk mengetahui bagaimana kelayakan buku ajar TIK tersebut. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terdapat banyak masalah dalam system pembelajaran salah satunya kurangnya jawal pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi <em>covid-19</em> sehingga pembelajaran tatap muka hanya berlangsung secara bertahap, buku pengangan siswa juga masih dibagikan tidak merata dan siswa juga masih menggunakan sebuah LKS (lembar kerja siswa) yang masih sangat dikatakan kurang efektif. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang teridiri dari <em>(1) Analysis </em>(Analisis), <em>(2) Design</em> (Desain/Perancangan), <em>(3) Development </em>(Pengembangan), <em>(4) Implementation </em>(Implementasi), dan <em>(5) Evaluation </em>(Evaluasi). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Batangtoru yang berjumlah 24 siswa yang dimana siswa dipilih secara acak oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari dua ahli modul praktikum nilai persentase 92,3%, dan dapat dikategorikan Sangat Valid. Selanjutnya pendapat siswa mengenai buku ajar TIK berbasis <em>android</em> ini sangat membantu mereka dalam proses pembelajaran dilihat dari angket respon siswa yang mana nilai terendah 77,3 sampai tertinggi 100% dengan rata-rata nilai keseluruhan adalah 90,3 % dengan mendapatkan kategori sangat baik</p> Benny Pranata, Rahmad Fauzi, Hanifah Nur Nasution Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1469 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X DI SMK NEGERI https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1471 <p><em>Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif </em><em> </em><em>yang sering digunakan guru dalam menyampaikan materi maupun bahan ajar kepada siswa. Media pembelajaran mengarah pada sesuatu yang dapat meneruskan informasi dan penerima informasi dalam pendidikan. Media pada mata pelajaran dapat membantu guru dalam menyajikan materi yang abstrak menjadi konkrit, materi yang rumit menjadi mudah d</em><em>i </em><em>pahami, dan meningkatkan minat serta prestasi belajar siswa untuk mencapai standar kelulusan yang telah di tentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran canva terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X di SMK Negeri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian dengan memperoleh data berbentuk angka, pada penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain pre eksperimental design dengan jenis desain one group pretest posttest. Dimana penelitian ini hanya menggunakan one group dalam melakukan eksperimen. Dimana pada awal kegiatan dilakukan pretest terlebih dahulu sebelum dilakukan penerapan media. Setelah dilakukan penerapan maka dilakukan posttest terhadap kelas yang sama. Dari hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sig. (2-tailed) lebih kecil dari(0,000&lt;0,05) atau t hitung &gt; t table (29,388&gt;0,444). Maka terdapat perbedaan pada minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sebelum dan sesudah media canva diterapkan. Ketentuan hipotesis diterima apabila nilai signifikansi dibawah atau sama dengan 0,05 maka hipotesis alternatif diterima. Dan hipotesis ditolak apabila nilai signifikansi lebih besar dari 0,05.</em></p> Dandi Irawan, Rahmad Fauzi, Sari Wahyuni Rozi Nasution Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1471 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI INSHOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1477 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi inshot untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas kelas X TKJ SMK Ngeri 1 Batang Angkola yang berjumlah tiga kelas dengan jumlah populasi sebanyak 110 siswa. Sampel dalam penelitian ini jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Melalui uji hipotesis yang dilakukan diketahui nilai t<sub>hitung </sub>sebesar 4,832. sedangkan nilai t<sub>tabel</sub> pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 1.696 dengan demikian dapat dibandingkan bahwa nilai t<sub>hitung </sub>&gt; t<sub>tabel </sub>yakni 4,832 &gt; 1.696. Kemudian nilai signifikan yang di dapat sebesar 0.000 maka di ketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) &lt; 0.05 artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi inshot untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Batang Angkola.</p> Elki Yani Gultom, Rahmad Fauzi, Nabilah Siregar Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1477 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI KELAS X TKJ SMK SWASTA MADUMA TAPTENG https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1474 <h2>Abstrak</h2> <p><em>Masalah yang ditemukan peneliti di SMK Swasta </em><em>Maduma Tapteng</em><em> adalah </em><em>kurangnya kesiapan siswa dalam proses pembelajaran</em><em>.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesiapan belajar siswa dalam proses pembelajaran </em><em>tatap muka</em><em> untuk mengetahui tanggapan siswa dalam kegiatan pembelajaran satu pertemuan dalam pembelajaran </em><em>tatap muka</em><em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna atau data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu nilai dibalik data yang tampak. Hasil dari penelitian ini adalah</em> <em>Berdasarkan hasil dari nilai angket yang dibagikan kesiswa untuk melihat kesiapan siswa dalam pembelajaran daring dapat disimpulkan bahwa siswa yang sangat siap berjumlah </em><em>11</em><em> siswa dengan nilai </em><em>55</em><em>%, sedangkan yang siap </em><em>9</em><em> siswa dengan nilai </em><em>45</em><em> % Jadi jumlah keseluruhan dari siswa sangat siap, siap,tidak siap apabila dijumlahkan maka akan berjumlah nilai 100%.</em></p> Esthy Syahara Meha, Lukman Hakim Siregar, Roslian Lubis Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1474 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH MODEL HYBRID LEARNING DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1476 <p>Siswa kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung hal ini dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran terutama pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di Kelas X RPL SMK Negeri 1 Angkola Timur.Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian Kuantitatif.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain <em>True-Expreminetal Design</em> dengan tipe <em>One Group Pretest and Postest Design. </em>Populasiadalah seluruh siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Angkola Timur yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 48 Siswa. Berdasarkan analisis data peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil dari pengumpulan data, terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis Vlog pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji<em> paired sample test</em> yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dapat disimpulkan bahwa H<sub>0 </sub>pada kelas eksperimen ditolak dan H<sub>a </sub>diterima karena nilai sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil dari 0,05.</p> Fitri Handayani Siregar, Lukman Hakim Siregar, Ermawita Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1476 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1479 <p>Nilai rata-rata hasil ulangan harian siswa kelas X SMKS YPIPL Gunungtua memperoleh nilai “65”, sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan adalah “70”, ini menunjukkan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebab turunnya peserta didik adalah model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan pembelajaran daring. Penggunaan buku paket yang jarang digunakan peserta didik. Serta banyaknya siswa yang tidak menyukai pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model <em>Hybrid Learning</em> Dengan Bantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Di SMKS YPIPL Gunungtua. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS YPIPL Gunungtua. Instrumen yang dipergunakan adalah observasi dan tes dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran dan <em>adobe flash</em> yang digunakan diperoleh skor rata-rata 70% dengan kategori “Baik” artinya model pembeljaran dan <em>adobe flash</em> mendapat respon yang positif dari siswa. dapat disimpulkan bahwa HO pada kelas eksperimen ditolak dengan Ha diterima karena sig (2-tailed) pada kelas eksperimen adalah 0,00 lebih kecil 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran hybrid learning bantuan multimedia terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X ADM.</p> Indah Lestari Hrp, Lukman Hakim Siregar, Lia Purnama Sari Hak Cipta (c) 2023 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1479 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Media Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri 390 Salebaru Materi Mengenal Bangun Datar https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1807 <p>Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan media Tangram dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar kelas II SD Negeri 390 Salebaru, Kecamatan Muara Batang Gadis, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 15 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observer, tes dan dokumentasi, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Analisa pelaksanaan dua siklus yang sebelumnya tidak ada siswa yang mencapai kategori sangat baik, naik menjadi 5 (33%). Demikian juga untuk nilai kategori baik menjadi 9 siswa dengan kenaikan 60% dari siklus I. Hasil belajar Matematika dari 15 siswa, hanya 5 siswa yang mencapai standar KKM dengan Persentase 33%. Sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 10 siswa dengan persentase 67%. Dari peningkatan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan media tangram sangat cocok untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangun datar.</p> rubini Hak Cipta (c) 2024 JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset dan Teknologi) https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1807 Sen, 26 Peb 2024 00:00:00 +0700