PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • sri tia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

media audio visual, kemampuan menulis, teks deskripsi.

Abstrak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-postest design. Sample dalam penelitian adalah 25 siswa yang diambil dengan menggunakan random sampling teknik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes (tes unjuk kerja). Teknik analisis penelitian menggunakan analisis deskripsi dan inferensial statistik. Analisis deskripsi menunjukkan nilai rata-rata angket yaitu 4,10 (kategori baik), hasil pretest menunjukkan  nilai rata – rata 59 (kategori kurang) sedangkan nilai rata – rata post test adalah 74 (kategori baik). Hasil inferential statistik dengan menggunakan t-test one tail menunjukkan t-hitung lebih besar daripada t-table (4.34>1.71) pada tingkat kepercayaan 95%. terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padangsidimpuan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-25