PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERH PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKSPADA SISWA KELAS XI SMK LMC ANGKOLA TIMUR

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKSPADA SISWA KELAS XI SMK LMC ANGKOLA TIMUR

Penulis

  • suriani hasibuan Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Metode Demonstrasi, Menulis, dan Teks Prosedur Kompleks.

Abstrak

 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks terhadap siswa kelas XI SMK LMC Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menerapkan pendekatan ekperimental. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 16 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Deskriptif analisis menunjukkan rata-rata kemampuan siswa dalam memahami metode demonstrasi 3,39 Hasil belajar teks prosedur kompleks sebelum menerapkan metode demontrasi adalah 50.31 (kategori kurang) dan setelah menerapkan metode demontrasi adalah 83.43 (kategori sangat baik). Selanjutnya inferential statistik  dengan menggunakan rumus t-test one tail menunjukkan t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3.32>2.14). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode demonstrasi terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks terhadap siswa kelas XI SMK LMC Angkola Timur. 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-25