INTERFERENSI BAHASA PESISIR SIBOLGA TAPANULI TENGAH PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUR RACHMAD SIBOLGA SIBOLGA KAJIAN FONOLOGI

Penulis

  • Febriyanti Syafitri Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Interferensi Bahasa, Fonologi, Perubahan Fonem, Penghilangan Fonem, penambahan Fonem

Abstrak

Peneliatian ini bertujuan untuk mengetahui kekeliruan bahasa Indonesia (Interferensi Bahasa) pada karangan narasi siswa yang dilihat dari segi kajian fonologi dan di bagi menjadi 3 bagian yaitu, Perubahan fonem, Penghilangan fonem, Penambahan fonem. Pada metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif model deskripsi, dimana metode tersebut digunakan untuk meneliti gagasan atau produk manusia yang dimana lebih mementingkan proses daripada hasil. Waktu penelitian yang dilakukan oleh peneliti dimulai dari bulan Juni-Agustus 2020 penelitian dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah kelas X Darur Rachmad Sibolga, data yang didapat peneliti sebanyak 14 karangan narasi dari keseluruhan siswa kelas X yang hanya terdiri 1 kelas saja dan sumber data yang didapat peneliti adalah sumber data tertulis. Teknik pengumpulan dada dapat dilakukan dengan cara melakakukan Observasi, dokumentasi, dan juga wawan cara yang dilakukan kepada informan. Sedangkan pada keabsahan data peneliti menggunkan Triangulasi sumber data. Dari keseluruhan data yang didapat sebanyak 89 kesalahan penulisan kata yang penyebabnya terbawa dari faktor pengaruh lingkungan pada data yang telah dikumpulkan di klasifikasi menjadi 3 bagian yaitu, sebanyak 57 kata perubahan fonem, 28 kata penghilangan fonem dan 4 kata penambahan fonem

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-13