https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/issue/feed JURNAL KEWARGANEGARAAN 2024-03-04T11:18:48+07:00 Riswandi Harahap, M.Pd riswandiharahap@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal ini adalah jurnal prodi pkn</p> https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/1820 PERANAN GURU PKN DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA DI SMK SWASTA YAPIM TARUNA BARUMUN TENGAH 2024-03-04T11:00:17+07:00 kasmudin harahap riswandiharahtua@gmail.com Sahrudin Pohan riswandiharahtua@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran peranan guru PKn dalam menanamkan karakter kedisiplinan sisa di SMK Swasta Yapim Taruna Brumun. 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor penghambat dalam menanamkan karakter kedisiplinan siswa di SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah dan 3) Untuk mengetahui upaya apa saja yang dapat dilakukan guru PKn dalam menanamkan karakter kedisiplinan siswa di SMK Swasta Yapim Taruna BarumunTengah. Metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Peranan Guru PKn Dalam Menanamkan Karakter Kedisplinan Siswa Di SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PKn dan sebagian Siswa siswi SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Subjek dalam penelitian ini Guru Kepala Sekolah, Guru PKn dan sebagian Siswa siswi SMK Swasta Taruna Barumun Tengah. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara dan Dokumnetasi. Teknik menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan analisis deskriptif yaitu Gambaran Peranan Guru PKn Dalam Menanamkan Karakter Kedisplinan Siswa Di SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pelatih, dan guru sebagai evaluator, pembentukan karakter siswa dapat dilakukan denan metode pembiasaan keteladanan, ceramah, dan simulasi,</p> 2024-03-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 kasmudin harahap, Sahrudin Pohan https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/1818 PERANAN GURU PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEJUJURAN SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN 2024-03-04T10:38:35+07:00 Riswandi Harahap kwn@gmail.com kasmudin harahap riswandiharahtua@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan.2) Untuk mengetahui metode yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa kelas VII SMP N 5 Padangsidimpuan. 3) Untuk mengetahui apa saja perilaku tidak jujur yang terjadi di SMP N 5 Padangsidimpuan. Metode penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah Peranan Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PKn dan Sebagian siswa siswi SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Subjek dalam penelitian ini Guru PKn dan Sebagian siswa siswi SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Berdasarkan analisis deskriptif yaitu Peranan Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa Di Kelas VII SMP 5 Padangsidimpuan sebagai contoh, sebagai pengelola kelas, sebagai penilai. Faktor-faktor penyebab rendahnya karakter kejujuran siswa di Kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan yaitu faktor lingkungan. Upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasinya ialah dengan memberikan dorongan dan memberikan contoh yang baik agar siswa tidak berperilaku menyimpang dan menetapkan aturan agar siswa patuh dan tidak melanggarnya.&nbsp;</p> 2024-03-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; kasmudin harahap https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/1816 UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PADANGSIDIMPUAN 2024-03-04T09:46:17+07:00 Riswandi Harahap kwn@gmail.com Sahrudin Pohan riswandiharahtua@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran minat belajar anak bekebutuhan khusus; (2) faktor penghambat minat belajar anak berkebutuhan khusus, dan (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan Kepala Sekolah dan Guru. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran minat belajar anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Padangsidimpuan dapat dikelompokkan kedalam beberapa kategori, yaitu minat belajar musik, seni visual, matematika dan keterampilan praktis; (2) faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan minat belajar anak berkebutuhan khusus meliputi masalah fisik atau kesehatan, masalah emosional atau kesejahteraan mental dan perbedaan gaya belajar; (3) upaya guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus adalah pendekatan yang individual, lingkungan belajar inklusif, hubungan yang baik dan metode pembelajaran yang beragam. Dengan menggabungkan semua faktor ini, guru dapat membuat lingkungan belajar yang memungkinkan anak berkebutuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan minat dan motivasi belajar yang tinggi.</p> 2024-03-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/1821 STRATEGI GURU PKn DALAM PENGELOLAAN KELAS DI KELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN 2024-03-04T11:10:58+07:00 Riswandi Harahap kwn@gmail.com Sahrudin Pohan riswandiharahtua@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan: 1) pengelolaan kelas 2) kendala apa saja dalam pengelolaan kelas dan 3)&nbsp; upaya guru dalam mengatasi kendala pengelolaan kelas dikelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode penelitian menggunakan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PKn dan sebagian siswa siswi SMA Negeri 8 Padangsidempuan. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumnetasi. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. HAsil penelitian menunjukkan 1) strategi pengelolaan kelas di SMA Negeri 8 Padangsidempuan sudah baik karena guru harus menyiapkan beberapa perlengkapan perangkat pembelajaran dan juga menyampaikn materi dengan alat pendukung pembelajaran, 2) kendala dalam pengelolaan kelas ialah kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti pelajaran dan fasilitas ruangan yang kurang memadai, dan 3) upaya yang dilakukan guru PKn dalam mengatasi kendala pengelolaan kelas&nbsp; dengan memberikan nasehat dan mengarahkan siswa untuk membersihkan alat pembelajaran dan melengkapinya fasilitas yang kurang secara bertahap.</p> 2024-03-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; Sahrudin Pohan https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/1819 PERANAN GURU PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MORAL SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 PORTIBI 2024-03-04T10:49:03+07:00 kasmudin harahap riswandiharahtua@gmail.com Sahrudin Pohan riswandiharahtua@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana peranan guru PKn dalam membentuk karakter moral siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Portibi. 2) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor-faktor penyebab rendahnya karakter moral siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Portibi dan 3) Untuk mengetahui upaya apa saja yang dapat dilakukan guru PKn dalam membentuk karakter moral siswa di kelas XI SMK Negeri 1 Portibi. Metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah Peranan Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Moral Siswa Di Kelas XI SMK Negeri 1 Portibi. Informan dalam penelitian ini adalah Guru PKn dan sebagian Siswa siswi SMK Negeri 1 portibi. Subjek dalam penelitian ini Guru PKn dan sebagian Siswa siswi SMK Negeri 1 Portibi. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara dan Dokumnetasi. Teknik menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi.&nbsp;</p> 2024-03-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 kasmudin harahap, Sahrudin Pohan https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/kwn/article/view/1817 vPENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN POKENJIOR MELALUI PEMBELAJARAN PKN 2024-03-04T10:06:49+07:00 Riswandi Harahap kwn@gmail.com kasmudin harahap riswandiharahtua@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan pendidikan karakter bagi siswa kelas X SMK Swasta Harapan Pokenjior. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2023. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan informan Guru PKn dan Guru Bimbingan Konseling. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Gambaran pendidikan karakter siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2022/2023 dapat dikatakan baik, meskipun mengalami kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran PKn yang disebabkan kurangnya perhatian dan minat belajar. Namun, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa siswa kelas X telah berhasil mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan baik. Nilai-nilai tersebut meliputi aspek religi, kejujuran, kreativitas, kedisiplinan, dan kerja keras. Sedangkan upaya yang dilakukan guru untuk mengimplementasikan pendidikan karakter melalui sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai karakter, guru memberikan contoh yang inspiratif bagi siswa, guru menggunakan metode pembelajaran aktif dan kolaboratif, guru melibatkan siswa secara langsung dalam mempraktekkan nilai-nilai karakter, dan guru juga memberikan nasehat, pencerahan, dan pembinaan berkelanjutan terhadap perilaku siswa yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter.</p> 2024-03-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Riswandi Harahap; kasmudin harahap