PENGEMBANGAN MEDIA “TRUK TUNG” MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN RATUSAN BAGI SISWA KELAS II SD

Isi Artikel Utama

Indah Kartika DCS
Sunaryo Sunaryo

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan dan keterterapan media “Truk Tung” untuk siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan ratusan kelas II SD. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Pelemsari serta kelas IIB Akhi’ SD Muhammadiyah “MBS” Prambanan. Objek Penelitian ini pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan ratusan. Teknik Pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan observasi. Instrumen penilaian menggunakan angket penilaian dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data penilaian ahli media diperoleh skor 63 (Baik), ahli materi diperoleh skor 65 (Baik), ahli pembelajaran skor 67 (Sangat Baik). Analisis data dari respon guru uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh skor 71 dan 76,5 (Sangat Baik). Analisis data respon siswa uji coba terbatas dan uji coba luas yaitu diperoleh skor 9,0 dan 9,33 (Sangat Baik). Analisis data para ahli dan guru memperoleh skor rata-rata 68,5 (Sangat Baik). Analisis respon siswa terhadap media “Truk-Tung” memperoleh skor rata-rata 9.2 (Sangat Baik). Keseluruhan data menunjukkan bahwa Media “Truk Tung” layak dan keterterapan untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
DCS, Indah Kartika, dan Sunaryo Sunaryo. “PENGEMBANGAN MEDIA ‘TRUK TUNG’ MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN RATUSAN BAGI SISWA KELAS II SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 134–143. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1127.
Bagian
Artikel