UPAYA PENINGKATANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIANMELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION ( GI ) DI KELAS II SDN ARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

Isi Artikel Utama

Sri Kurniasih
Dedi Pramono
Wahyu Hastini

Abstrak

Sri kurniasih, 2107563402 Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tentang Perkalian Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) di Kelas II SD N Arjowinangun Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Rendahnya tingkat pemahamanan siswa terhadap materi pelajaran matematika pada kelas II  SD N Arjowinangun Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen terlihat dari nilai hasil belajar yang telah dicapai kelas II belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Salah satu penyebab ketidakberhasilan tersebut dapat berasal dari guru. Ketidaktepatan seorang guru dalam menerapkan metode atau model pembelajaran pada saat kegiatan belajar mengajar itu salah satunya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang perkalian melalui metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di kelas II SD N Arjowinangun tahun pelajaran 2021/ 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan sumber data pokok diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa dan hasil tes yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Siklus pertama dilaksanakan selama 2 kali pertemuan, begitu juga pada siklus kedua. Hasil penelitian secara teori maupun praktek dapat dikatakan berhasil. Hal itu dibuktikan dengan hasil peningkatan prosentase yaitu pada pra siklus data aktivitas siswa diperoleh 51%, pada siklus I sebesar 59% dan meningkat pada siklus II menjadi 83%. Dengan meningkatnya aktivitas siswa, maka hasil belajar siswa juga akan meningkat yaitu pada pra siklus hanya 40%, siklus I 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%. Sehingga dapat disimpukan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang perkalian di kelas II SD N Arjowinangun tahun Pelajaran 2021/ 2022.


 


Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar matematika, perkalian, metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kurniasih, Sri, Dedi Pramono, dan Wahyu Hastini. “UPAYA PENINGKATANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIANMELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION ( GI ) DI KELAS II SDN ARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 224–233. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1135.
Bagian
Artikel