UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI ZAT CAMPURAN MEALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH WONOSARI

Isi Artikel Utama

Nia Astarina
Dedi Pramono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Wonosari pada materi zat campuran. Jenis penilitian ini menggunakan PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Muhammadiyah Wonosari yang berjumlah 27 orang sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi zat campuran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari keterlaksanaan pembelajaran sebesar 75% dan rata – rata ketuntasan rasa ingin tahu siswa adalah 71,58%  di mana 14 peserta didik (54%.) yang tuntas dan 12 peserta didik (46%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil observasi dari keterlaksanaan pembelajaran sebesar 100% dan rata – rata 76,85% di mana  22 peserta didik (85%.) yang tuntas dan 4 peserta didik (15%) tidak tuntas. Disimpulkan, rasa ingin tahu siswa pada materi zat campuran dapat ditingkatkan dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Wonosari

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Astarina, Nia, dan Dedi Pramono. “UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI ZAT CAMPURAN MEALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH WONOSARI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 242–249. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1138.
Bagian
Artikel