ANALISIS SISWA YANG MENGALAMI FAKTOR PENGHAMBAT MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SDN 01 TAMANAN

Isi Artikel Utama

Afrizkagalih Rizaldy
Nugrananda Janattaka
Nourma Oktaviarini

Abstrak

Pandemi Covid 19 merubah sistem pembelajaran yang mana sebelumnya tatap muka berubah menjadi online atau daring. Pembelajaran daring yang dilaksanakan di SDN 1 Tamanan sudah cukup baik, namun masih terdapat siswa yang mengalami hambatan dalam minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan siswa yang mengalami faktor penghambat minat belajar di masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Tamanan Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara untuk mengetahui siswa yang mengalami faktor penghambat minat belajar dimasa masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Tamanan. Penelitian ini menggunakan indikator faktor penghambat minat belajar siswa antara lain media belajar, jaringan internet, fasilitas pembelajaran, kualitas pembelajaran, dan orang tual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 73% dari 100% siswa tidak mengalami hambatan, sisanya 27% mengalami hambatan. Dapat ditarik kesimpuilan bahwa siswa yang mengalami faktor penghambat minat belajar dimasa Pandemi Covid-19 termasuk dalam kategori rendah. Siswa mengalami hambatan diantaranya media pembelajaran dari guru yang kurang maksimal sehingga siswa sulit memahami, fasilitas pembelajaran masih milik orang tua siswa dan orang tua tidak sepenuhnya membantu anaknya selama proses pembelajaran berlangsung.


The Covid-19 pandemic has changed the learning system from face-to-face to online. The online learning carried out at SDN 1 Tamanan is quite good, but there are still students who experience obstacles in learning interest. The purpose of this study was to analyze and describe students who experienced factors that hindered their interest in learning during the Covid-19 pandemic at SDN 1 Tamanan, Tulungagung Regency. This type of research is qualitative with a phenomenological approach, this data collection is carried out by observation, questionnaires, and interviews to find out students who experience factors that inhibit interest in learning during the Covid-19 pandemic at SDN 1 Tamanan. This study uses indicators of factors inhibiting student interest in learning, including learning media, internet networks, learning facilities, learning quality, and parents. The results of this study showed that 73% of 100% of students did not experience obstacles, the remaining 27% experienced obstacles. It can be concluded that students who experience factors that inhibit interest in learning during the Covid-19 pandemic are included in the low category. Students experience obstacles including learning media from teachers that are less than optimal so students find it difficult to understand, learning facilities are still owned by students' parents and parents do not fully help their children during the learning process.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rizaldy, Afrizkagalih, Nugrananda Janattaka, dan Nourma Oktaviarini. “ANALISIS SISWA YANG MENGALAMI FAKTOR PENGHAMBAT MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SDN 01 TAMANAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 26, 2022): 270–276. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1163.
Bagian
Artikel

Referensi

Abidah, S., Nurhaidah, & Candrawati, A. (2019). Hambatan Guru dalam Mengatasi Anak

Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Negeri 57 Banda Aceh. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. Diambil dari www.journal.uta45jakarta.ac.id

Anggito, A., & Johan Setiawan. (2018).

Metodologi Penelitian Kualitatif (cetakan pe;

E. D. Lestari, Ed.). Diambil dari

https://www.google.co.id/books/edition/Met odologi_penelitian_kualitatif/59V8DwAAQ BAJ?hl=id&gbpv=1&dq=penelitian+kualita tif&printsec=frontcover

dr. Merry Dame Cristy Pane. (2021). Virus Corona. Diambil 7 Mei 2021, dari alodocter.com website:

https://www.alodokter.com/virus-corona

Edi Syahputra, S. P. (2020). Snowball Throwing tingkatkan Minat dan Hasil Belajar (1 ed.; D.

V. Kirana, Ed.). Diambil dari

https://www.google.co.id/books/edition/Sno wball_Throwing_Tingkatkan_Minat_dan_H /nJPaDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=min at+belajar&pg=PA14&printsec=frontcover

Fatkhurrohman.M.Pdi, D. M. (2017). belajar dan pembelajaran modern (Jalu Sentanu, Ed.).

yogyakarta: Garudhawaca.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal

Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(2), 1825–1836.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Justi Elvinus Engel. (2020). Karantina Kesehatan Lebih Fleksibel. Diambil 3 Mei 2021, dari

MediaIndonesia.com website:

https://mediaindonesia.com/opini/402541/es ensi-hardiknas-bagi-kehidupan-dan-masadepan-bangsa?utm_source=dable

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya (hal. 424).

Niken Widya Yunita. (2020). Memahami Lagi Arti Lockdown, COVID-19, dan Pandemi. Diambil 7 Mei 2021, dari detik.com website: https://news.detik.com/berita/d4956587/memahami-lagi-arti-lockdowncovid-19-dan-pandemi

Ramadhani, R., Masrul, Nofriansyah, D., Hamid, mustofa A., Sudarsaana, I. ketut, Simaratama, S. J., … Suhelayanti. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan (1 ed.; Tonni Limbang, Ed.).

Diambil dari

https://www.google.co.id/books/edition/Bel ajar_dan_Pembelajaran_Konsep_dan_Peng/ QprzDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=prin sip+belajar&pg=PA15&printsec=frontcover

Sigar Aji Poerana, S. H. (2020). Jerat Hukum Bagi Mereka Yang Ogah Dikarantina. Diambil 3 Mei 2021, dari Hukumonline.com website: https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ ulasan/lt5e7c6ae5caf16/jerat-hukum-bagimereka-yang-ogah-dikarantina/#_ftnref1

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika.

Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA,

(1), 35–43.

https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750 Sugiyono. (2013). Subjek penelitian.

Sugiyono, P. D. metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. , Alfabeta, cv. 233 (2016).

Suri, N. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Walidin, W., Saifullah, & ZA, T. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory.

Wijaya, L. D. (2020). Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19. Diambil dari www.Tempo.com website:

https://metro.tempo.co/read/1391861/dampa k-negatif-dan-positif-pembelajaran-jarakjauh-selama-pandemi-covid-

/full&view=ok

Yanti, N. F. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. 5, 608–614.