UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 SUBTEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SD NEGERI 100670 HUTAIMBARU T.A 2021/2022

Isi Artikel Utama

hazza nur husnipa harahap
Nurbaiti Nurbaiti
Monica Theresia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negriku menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas IV SD 100670 Hutaimbaru T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan  yaitu lembar observasi guru dan soal tes. Penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negriku. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 67,30%(kategori cukup) dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 67,55% dimana 6 peserta didik (30%) yang yang tuntas dan 14 peserta didik (70%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil  oservasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 80,76%(kategori tinggi) dan rata rata 78,05% dimana 16 peserta disik (70%) tuntas dan 4 peserta didik (30%) tidak tuntas. Disimpulkan hasil belajar siswa tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negriku menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas IV SD 100670 Hutaimbaru T.A 2021/2022


 


Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
nur husnipa harahap, hazza, Nurbaiti Nurbaiti, dan Monica Theresia. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 7 SUBTEMA 2 INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV SD NEGERI 100670 HUTAIMBARU T.A 2021/2022”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 364–371. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1160.
Bagian
Artikel

Referensi

Akhmad Sudrajad. 2008. Pembelajaran Kontekstual

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Anisah. 2008. Kelemahan dan Kelebihan CTL . Bandung:Nusa Media

Efendi, Muhammad. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Malang : FIP Universitas Negeri Malang

Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013.Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan

Mardianto. 2011 Pembelaajaran. Tematik. Medan: Perdana Publishing

Nana sudjana,2010; Cara Belajar Siswa Aktif dalam proses Belajar Mengajar,Bandung, Sinar Baru Algensido

Nawawi K.Brahim 2007 .Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar.Jakarta

Nurhadi , 2009 Cooperatif Learning. , Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Shoimin Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Sugiyanto.2008.Model-Model Pembelajaran Inovatif.Surakarta : UNS Pres

Susanto Ahmad 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Wahidmurni. 207. Metedologi pembelajaran IPS: Pengembangan Standar proses pembelajaran IPS di sekolah Madrasah. Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA

Wasliman, lim (2007). Prolematika Pendidikan Dasar . (Modul) Bandung :SPs-UPi

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>