MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NONFIKSI TEMA PAHLAWANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Muhammad Yusnan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Nonfiksi Tema “Pahlawanku” melelui Model Discovery Learning pada siswa kelas IV SD negeri 50 Buton. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas pada siklus I terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 50 Buton yang terdiri atas 21 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata prasiklus mencapai 60,01 dengan bobot skor 1260,06 yang berasal dari jumlah skor masing-masing hasil belajar bahasa Indonesia materi teks nonfiksi. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67,63 dengan bobot skor  1420,07 dan termasuk dalam kategori cukup namun siswa juga belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebesar ≥70 sedangkan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus II sebesar 76,83 dengan bobot skor sebesar 1613,41, nilai rata-rata tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ingin dicapai, yaitu sebesar ≥70. Sehingga model discovery learning, dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yusnan, Muhammad. “MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NONFIKSI TEMA PAHLAWANKU MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 1 (Februari 20, 2023): 59–65. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1345.
Bagian
Artikel

Referensi

Anwar, W. S., Gani, R. A., & Putri, E. S. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 182–188.

Arofah. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Increasing the Motivation of Learning Indonesian Language Students in Class V of Elementary School Through the Application of. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(3), 326–334.

Azka, M., Ardianti, S. D., & Purbasari, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Media Roda Pintar. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 173–182.

Baharshah, A. (2021). The Think Pair Share Learning Model To Improve Learning Outcomes Under Integrative Thematics. Proceeding of Iconie 2021 IAIN Pekalongan, 505–518.

Fitri, R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1707–1715.

Harlita, D., Herlina, A., Hadiyanti, D. W. I., & Saptoro, A. (2021). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Ketelitian dan Keterampilan Membaca Siswa. ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3), 77–83.

Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1900–1908.

Murtini, N. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Bali melalui Model Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 3(3), 261.

Muslichah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tema 5 Pahlawanku Sub-tema 3 Sikap-sikap Kepahlawanan dengan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Siberuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif: Journal of Education Research, 3(3), 37–46.

Nurhayati. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Canva Tema 1 Kelas II SDN Sarirejo Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Islam, 4(5), 2556–2560.

Nurjanah, P. (2022). Pemanfaatan Google Meet Sebagai Media Pembelajaran Daring dengan Model Discovery Learning Tema 5 Pahlawanku pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2556–2560.

Oktamia, Y., & Farida, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 111–123.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Discovery Learning Tema Perkembangan Teknologi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1830–1837.

Pratiwi, A. Y. (2021). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Melalui Model Inquiry Secara Daring Tema 8 Siswa Kelas II Sdit Plus Mutiara Umat Pekalongan. Indonesian Journal of Elementary School, 1(1), 1–11.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108.

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Setijono, D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas VIII.D SMP N 9 Muaro Jambi Semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 96.

Sufianti, A. V. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Kelas Iv Sd. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 1(1), 36–42.

Suminah, S., Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa melalui pendekatan. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221–230.

Wulandari, D.T., & Sayekti, I. C. (2022). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui PS-MTTW dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Wulandari, Y., & Refianne, F. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 200–209.