UPAYA MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KATOBENGKE

Isi Artikel Utama

Wa Ode Rifati
Rifky Rifky
Muhammad Yusnan
Fatma Wati
Indriani Indriani

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi siswa dalam menulis puisi melalui penerapan metode picture and picture pada siswa serta dapat mempermudah siswa dalam penulisan puisi degan diterapkannya metode pembelajaran picture and picture pada sisw kelas IV SD Negeri 1 Katobengke Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode picture and picture dengan model Kemmis Taggart.Penelitian ini merancang tindakan dalam dua siklus,dengan empat tahap setiap siklus dimana, masing-masing siklus mencapai 4 tahap yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: (1) observasi, (2) wawancara, (3) Dokumentasi, dan (4) Tes, peneliti menggunakan jenis pre tes (tes awal) dan post test (tes akhir) dalam pelaksanaan siklus penelitian disertai lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam keterampilan menulis puisi dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode picture and picture siswa. Dimana pada siklus I nilai 65 keatas aada 14 atau 58,33% siswa yang tuntas, sementara untuk aktivitas siswa dan guru diperoleh 72. Pada silklus ke II semakin meningkat dimana siswa yang memeperoleh nilai diatas 65 ada 22 orang atau 91,67% siswa yang tuntas, serta aktivitas guru dan siswa mencapai nilai 91% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan teknik picture and picture dapat membuat siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar sehingga daapt meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis puisi.


Kata Kunci: metode pembelajaran, picture and picture, menulis puisi


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rifati, Wa Ode, Rifky Rifky, Muhammad Yusnan, Fatma Wati, dan Indriani Indriani. “UPAYA MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KATOBENGKE”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 602–612. Diakses Mei 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1569.
Bagian
Artikel

Referensi

Abbas Shaleh, 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.

Aris Shoimin, 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013, Yogyakarta: arruz zmedia.

Burhan Nurgiyantoro, 2008. Sastra Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University

Chrisnaji, Banindra Yudha dan Suwarjo. (2014). Peningkatan Kepercayaan Diri Dan Proses Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2 - Nomor 1,2014

Eva Oktaviana. (2017), Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas III di SDN Gedong 03 Pagi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 09, No 01 Juli – Desember 2017

Fitri Yuliawati, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Pendidik Profesional. PT Pustaka Insan Madani.

Haryono. (2015). Bimbingan teknik menulis penelitian tindakan kelas (PTK). Amara Books.

I Ketut Dibia, 2018. Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Imas Kurniasih dan Berlin seni, 2016. Ragam Pengembangan Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Iva Sarivah. (2011). Pendidikan Membangun Anak Usia Dini Secara Holistik: Jurnal Pendidikan Dasar, UNJ.Volume 3/4, No 3 / 4 Juni-Desember 2011.

Jumanta Hamdayana, 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor:Ghalia Indonesia.

Maria Ulfa .2018. Cacat Bunyi Kelas Kata Nomina Pada Penderita Disartria : Studi Kasus Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Unit Terapi Wicara Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto Ditkesad: Jurnal Pendidikan Dasar : UNJ. Volume 9, Nomor 1, 2018.

Puji Santosa,dkk, 2004. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: UT

S.C Utami Munandar, 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta:PT Gramedia

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Yudha, C. B., & Rahmad, I. N. (2020). Pelatihan penulisaan penelitian tindakan kelas (Ptk) pada guru SDN Cibitung Kulon 01 Bogor. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-23.

Zainal Arifin, 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya