PENGEMBANGAN MEDIA D’NOTO MATERI JENIS PEKERJAAN KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Alfina Fitri Lestari
Iqnatia Alfiansyah

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media D’Noto yangdapat membantu guru untuk mempermudah menyampaikan materi jenis pekerjaan.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang menggunakan tahap  model ADDIE yang berisi 5 tahap yakni:  Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik. Subjek pada penelitian ini adalah 2 validator dosen, 1 validator guru kelas 4, 1 valiator guru kelas 5, dan peserta didik kelas 4 UPT SD Negeri 31 Gresik.


Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media D’Noto memnuhi kriteria kevalidan. Hasil validasi dari 2 validator dosen mendapatkan nilai rata -rata sebesar 85,4% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, hasil validasi ari 2 validator guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 92,5 yang masuk dalam kategori sangat valid, dan hasil angket respon 23 peserta didik kelas 4 mendapatkan nilai sebesar 91,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dari uraian tersebut media pembelajaran D’Noto dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lestari, Alfina Fitri, dan Iqnatia Alfiansyah. “PENGEMBANGAN MEDIA D’NOTO MATERI JENIS PEKERJAAN KELAS 4 SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 471–477. Diakses April 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1425.
Bagian
Artikel

Referensi

Dewi, T. K., & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804

Gresik, U. M. (n.d.). TIPE WEBBED KELAS IV SEKOLAH DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH Arissona Dia Indah Sari. 99–113.

Iqnatia Alfiansyah. (2021). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Inventa, 5(1), 121–129. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3548

Marzuki, I. (2020). MENGUKUR KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK TERHADAP ISUE-ISUE SOSIAL MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Evaluasi Pada Peserta Didik kelas IV SD Muhammadiyah Manyar). DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 26(2), 30. https://doi.org/10.30587/didaktika.v26i2.1470

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Putri, B. D., & Yani, D. (2020). Analisis Pemendekan Gairaigo dalam Komik Detective Conan karya Gosho Aoyama chapter 1000-1040. Omiyage : Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 3(2), 70–78. https://doi.org/10.24036/omg.v3i2.159

Rulyansah, A., & Hasanah, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik berdasarkan Brain based Learning. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 40–57.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. In Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 407.

Sumargiyani, & Widayati. (2019). Pengembangan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas, September, 145–152.

Veronica, I., Whyu Pusari, R., & Setiawardana, M. Y. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 258. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16222