PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOOK PADA MATERI KERAJAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SD

Isi Artikel Utama

Irnanda Warda Emiliana
Iqnatia Alfiansyah

Abstrak

Latar belakang dari permasalahan penelitian pengembangan ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Guru telah menggunakan metode pembelajaran berupa diskusi namun metode pembelajaran saja belum cukup untuk meningkatkan pemahaman siswa, perlu adanya sebuah media pembelajaran Media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah media Smart Book Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media Smart Book, untuk mengetahui kevalidan media Smart Book serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media Smart Book. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan Rayanto yakni analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil validasi media pembelajaran dan analisis hasil angket respon peserta didik. Hasil akhir rata-rata dari validasi ahli media dan ahli materi sama-sama mendapatkan skor sebesar 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari angket respon peserta didik sebesar 88% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulannya media Smart Book dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Smart Book, Kerajaan Hindu Budha di Indonesia, Model ADDIE

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Warda Emiliana, Irnanda, dan Iqnatia Alfiansyah. “PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOOK PADA MATERI KERAJAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 489–496. Diakses Mei 15, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1523.
Bagian
Artikel

Referensi

Alfiansyah, L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JTTEE, 2(1) Alfina, S., Huda, C., & Ariyanto, P. (2022) Penerapan Media Buku Pintar dalans Meningkatkan Hasil

Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Tema 3 Sub Tema 1 di SD Negeri 4 Klamba Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 1(2).

Anggraini, L. P., & Sumarti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Flanel Pintar (Buflapin),

Jurnal PGSD Indonesia, 7(1). Argarini, D. F., Yazidah, N. L, & Kurniawati, A. (2019). Pengembangan Smart Book Materi Geometri

untuk Siswa SMP Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2). Gurwika, H., Suhadi, & Indriwati, S. E. (2018). Pengembangan Media Penyuluhan Berupa Buku Pintar Tumbuhan Obat. Jurnal Pendidikan, 12(12) Krisdiana, Iriyanto, T., & Astuti, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Book untuk Menunjang Aktivitas Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Program Studi PGRA, 7(2).

Mariantini, L. (2022), Media Buku Pintar Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Siswa Kelas I Sekolah Dasar, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(3). Marzuki, I. (2020). Mengukur Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik Terhadap Isu-Isue Sosial

Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi (Studi Evaluasi pada Peserta Didik Kelas IV SD

Muhammadiyah Manyar). Didaktika, 26(2)

Novita, D., Sukmana, E., & Martini, A. (2022) Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan

Dan Hasil Belajar Ips Pada Materi Tokoh Yang Berpengaruh Pada Kerajaan Hindu Buddha. Jurnal

Sebelas April Elementary Education (SAFE), 102).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Miry kat, 05(01) Rahmawati, E., Harahap, N. B., Maswariyah, Agara, Li R., & Wandini, R. R. (2022). Pentingnya Media

Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen Jurnal Pendidikan Tamburai, d(2). Umam, N. K. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menulis Menggunakan Kata Baku di Medi Sosial Terhadap Keterampilan Menulis Mahasiswa di Perguruan Tinggi Jurnal Bidang Pendidikan Dazar, 6(2)