MODEL POLYA MELALUI MEDIA ROBOT MATEMATIKA (ROMI) UNTUK PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS 1 SD JUARA SURABAYA

Isi Artikel Utama

Furri Kurnia Aditama
Arya Setya Nugroho
Eka Rosita

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada pembelajaran matematika di kelas 1 SD Juara Surabaya yang masih perlu ditingkatkan lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan serta aktivitas guru dan siswa dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan model Polya melalui media Robot Matematika (ROMI).Penelitian model Lewin ini setidaknya dilakukan sebanyak 2 kali tahapan siklus. Perencanaan, tindakan atau pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan juga refleksi dilakukan setelah pelaksanaan siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas I SD Juara Surabaya yang terdiri atas 21 siswa. Penerapan tindakan model Polya dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi. Selain itu teknik angketisasi, tes dan juga dokumentasi juga dilakukan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas I SD Juara Surabaya setelah menggunakan model Polya dengan media ROMI pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan yang sangat signifikan. kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa meningkat pada setiap siklusnya. Sedangkan, pada siklus II sebanyak 85,2 % siswa yang tuntas dan 14,8% siswa yang belum tuntas. 2) Rata-rata nilai hasil pengerjaan lembar kerja siswa soal cerita siswa kelas I SD Juara Surabaya setelah menggunakan model Polya dengan media ROMI mengalami peningkatan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aditama, Furri Kurnia, Arya Setya Nugroho, dan Eka Rosita. “MODEL POLYA MELALUI MEDIA ROBOT MATEMATIKA (ROMI) UNTUK PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS 1 SD JUARA SURABAYA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 639–651. Diakses Mei 15, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1584.
Bagian
Artikel

Referensi

Afianah, Vina Nur. 2020. Peningkatan Kemampuan Menyelesaiakan Soal Cerita dalam Pembe;ajaran Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Melalui Model Polya Pada SIswa Kelas IV MI Hidayatus Sibyan Gresik.Surabaya : Skripsi.UINSA

Alpadery, M. Astriyani, A. Mahbubul, W. 2020. Analisis Kemampuan Numerik Siswa ditinjau Dari Cara Mengajar Guru. jurnal universitas Muhammadiyah Jakarta. Semnaslit E-ISSN: 2745-6080.

Abidin, Zainal. 2015. Intuisi dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.

Anugraheni, Indri. 2019. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Model Polya Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan. Vol. 04 No. 01.

Ariani, Yetty dan Ary Kiswanto Kenedi. 2018. Model Polya Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Pembelajaran Soal Cerita Volume Di Sekolah Dasar. JIP. 8 (2).

Fathani, Abdul Halim. 2014. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Arruz Media.

Pramesti, SLD., dan Juwita, R. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Vol. 3 No. 2.

Runtukahu, J. Tombokan dan Kandou, Selpius. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Utari, Dian Rizky. dkk. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Bol. 3 No. 4

Yuwono, Timbul dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika Vol. 1 No. 2