PENGEMBANGAN MEDIA CAMAC (CARD MATCH CIRCLE) BERBASIS KEARIFAN LOKAL GRESIK UNTUK SISWA KELAS IV
Isi Artikel Utama
Abstrak
Latar belakang dari permasalahan penelitian pengembangan ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi jenis-jenis pekerjaan. Guru telah menggunakan metode pembelajaran berupa diskusi dan ceramah namun metode pembelajaran saja belum cukup untuk meningkatkan pemahaman siswa, perlu adanya sebuah media pembelajaran. Media pembelajaran yang akan dikembangkan adalah media CAMAC (Card Match Circle). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media CAMAC (Card Match Circle), untuk mengetahui kevalidan media CAMAC (Card Match Circle) serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media CAMAC (Card Match Circle). Metode penelitian yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yakni Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) akan tetapi peneliti hanya menggunakan tiga tahap yaitu hanya pada sampai tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis hasil validasi media pembelajaran dan analisis hasil angket respon peserta didik. Hasil akhir rata-rata dari validasi ahli media mendapatkan skor 85,41% dan ahli materi sama-sama mendapatkan skor sebesar 91,66% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari angket respon peserta didik sebesar 96% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulannya media Smart Book dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Alfiansyah, I. (2021). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(1), 153–164.
Arikunto. (2007). Evaluasi Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muthoharoh, A., & Cholifah, T. N. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD Pendahuluan kurikulum Kurikulum integrasi , dimana dalam kurikulum ini yang berbasis merupakan tematik tidak pelajaran . Artinya beberapa mata pemisahan antarmata pelaja. 6(2), 179–194.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928-3939.
Nugroho, A. S., & Wahyuni, W. (2021). Pengembangan Media Wayang Berbasis Tokoh Pahlawan Nasional Untuk Kelas Iv Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 1. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4261
Nunuk Suryani, dkk. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF dan PENGEMBANGANNYA (Pipih Latifah (ed.); 2nd ed.). April 2018.
rahmadayanti dewi, hartoyo agung. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1).