TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK SELAMA BELAJAR DARI RUMAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Wanda Ariska Putri
Nur Rahmah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi membaca peserta didik selama belajar dari rumah pasca pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Inpres 2 Lasoani dengan penentuan sampe menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh peserta didik kelas V dan wali kelas V sebagai sampel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan wawancara. Dalam menganalisis data penelitian, teknik yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat literasi membaca peserta didik pasca pandemi Covid-19 di SDN Inpres 2 Lasoani kelas V berada pada kategori rendah dengan rata-rata persentase yaitu 48,72%. Rendahnya tingkat literasi membaca peserta didik setelah pandemi Covid-19 di SDN Inpres 2 Lasoani disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kurangnya kegiatan membaca di rumah, kurangnya stimulus untuk minat baca dan keterbatasan sumber daya literasi yang disediakan oleh orang tua.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, Wanda Ariska, dan Nur Rahmah. “TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK SELAMA BELAJAR DARI RUMAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 4 (November 30, 2023): 721–734. Diakses Desember 22, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1704.
Bagian
Artikel

Referensi

Amirin. (2011). UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Central Connecticut State University. (2016). World’s Most Literate Nations Rank. New Britain: Central Connecticut State University.

Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87.

Harini, I. N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29-46.

Liu, H., Chen, X., & Liu, X. (2022). Factors influencing secondary school students’ reading literacy: An analysis based on XGBoost and SHAP methods. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.948612

Mullis, Ina V.S., Michael O Martin, Ann. M. Kennedy, Kathleen L Trong, & Marian Sainsbury. (2016). PIRLS 2011 Assesment Framework. Amsterdam: The International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca: Sutu Teknik Memahami Literatur yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nurjani. (2019). Literasi Pada Pembelajaran Menulis Bagi Anak Sekolah Dasar. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 3(1), 233–242.

OECD (2019), “Snapshot of trends in reading, mathematics and science performance”, in PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing: Paris. https://doi.org/10.1787/b6b543d5-en

Perpusatakaan Nasional. (2022). Laporan Akhir Kajian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Tahun 2022. Jakarta : PT Wahana Duta Utama.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 10(2), 161-168.

Smith, R., Snow, P., Serry, T., & Hammond, L. (2021). The Role of Background Knowledge in Reading Comprehension: A Critical Review. Reading Psychology, 42(3), 214–240. https://doi.org/10.1080/02702711.2021.1888348

Suryanti, R., & Megawanti, P. (2022). Systematic Literature Review Terhadap Rendahnya Minat Baca di Indonesia. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 4(1).