PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 13 SOJOL

Isi Artikel Utama

Nur Rahmah
Niska Niska

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing di kelas V SDN 13 Sojol. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana instrument penilaiannya terdiri dari observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data hasil observasi aktivitas siswa dan guru dianalisis dalam bentuk persentase. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep IPA siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model inkuiri terbimbing. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung dari siswa dan juga dari guru selama kegiatan berlangsung melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Dokumentasi sebagai data pendukung dan pelengkap dari penggunaan metode observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 16 orang siswa SDN 13 Sojol Bersama dengan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meningkatnya aktivitas siswa dan guru dari siklus I ke siklus II disebabkan oleh adanya refleksi terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan juga dalam penerapan model inkuiri mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa dikarenakan siswa mengalami langsung percobaan tersebut. Peningkatan juga ditunjukkan oleh hasil tes evaluasi yaitu pada siklus I daya serap klasikal (DSK) hanya mencapai 71,63% dengan ketuntasan belajar klasikal (KBK) hanya mencapai 56,25%. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85,63% untuk daya serap klasikal (DSK) sedangkan ketuntasan balajar klasikal (KBK) mengalami peningkatan menjadi 100%. Hal tersebut disebabkan oleh 6 langkah pembelajaran model inkuiri terbimbing yang dikaitkan pada materi kedalam kontekstual dimana hal tersebut dialami siswa dikehidupan sehari-hari sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi.


 


Kata Kunci:  Pemahaman konsep, Model Inkuiri Terbimbing, IPA.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rahmah, Nur, dan Niska Niska. “PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN 13 SOJOL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 3 (Agustus 16, 2024): 147–165. Diakses September 1, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1786.
Bagian
Artikel

Referensi

Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-13.

Darmiyati, ES. (2020). Pembelajaran Inquiri Terbimbing dengann Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi siswa SMA. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 61-69.

Emmi Azis, dkk. (2020). Solusi Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Jawa Barat: Penerbit CV Jejak.

Gani, R. A., Purnamasari, R., & Mujahidah, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 170-174.

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017).Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya Dan Pemanfatannya. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(1).

Hisbullah & Nurhayati Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Kelana, B. J., & Wardani, S, D. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Masriani, M., Dhafir, F., & Masrianih, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Perubahan Wujud Benda Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Lenju. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(1).

Martini, Ni Luh. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Media Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 15 Rio Pakava. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Tadulako Palu: tidak diterbitkan.

Pratiwi, Indah. (2021). IPA untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Medan: UMSU Press.

Putri, S. T., & Syofyan, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 02. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1-11.

Sari, D. N. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda siswa Kelas IV SD Negeri 113 Bengkulu Selatan. Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Simatupang, H., & Dirga, P. (2019). Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Siregar, Pariang Sonang. (2017). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama

Tampubolom, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Umrati & Hengki Wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104-109.

Waluyo. (2019). Jurnal Pendidikan Konvergensi. Surakarta: Sang surya Media.

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Dan Dilengkapi Contohnya. Yogyakarta: Budi Utama

Wedyawati, N., & Yasinta, L. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Budi Utama.