PENDEKATAN, MODEL, METODE, MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF SEKOLAH DASAR UNTUK IPA

Isi Artikel Utama

Windy Puspitasari
Isnaini Mau'idzoh
Karin Alodia
Yunita Nuraini
Hezra Rindiyastika
Sahra Ningrum
Fitri Nurfiani

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendekatan, model, metode, media dan strategi pembelajaran IPA kelas 4 dengan menggunakan hasil survey lapangan yang telah dilakukan.. Untuk kelas 4, SD tersebut menerapkan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil survey diketahui bahwa SD tersebut menggunakan pendekatan saintifik, kooperatif learning, demonstrasi dan diskusi kelompok. Model yang digunakan, yaitu video based learning dan pembelajaran berbasis proyek. Di SD tersebut menerapkan metode ceramah dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah proyektor, PPT dan google form. Strateginya yaitu praktek langsung sesuai materi IPA yang sedang dipelajari. Dari hasil pengamatan guru wali kelas 4 siswa lebih senang dan aktif jika mengerjakan proyek dibandingkan dengan ceramah saja. Nilai yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan secara bertahap

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspitasari, Windy, Isnaini Mau’idzoh, Karin Alodia, Yunita Nuraini, Hezra Rindiyastika, Sahra Ningrum, dan Fitri Nurfiani. “PENDEKATAN, MODEL, METODE, MEDIA DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF SEKOLAH DASAR UNTUK IPA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 1 (Februari 12, 2024): 24–30. Diakses Februari 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1713.
Bagian
Artikel

Referensi

Kata kunci : Pendekatan, Model, Metode, Media, Strategi Pembelajaran IPA