ASSESMEN AWAL BERDASARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Isi Artikel Utama

Windy Puspitasari
Isnaini Mau'idzoh Hasanah
Farah Miftahul Husnah
Rahmiati Rahmiati
Septi Fitri Meilana

Abstrak

Penelitian ini dikaji berdasarkan temuan informasi yang ditemukan di SDN Tengah 03.  Kesetaraan pendidikan menjadi dasar prinsip dalam pendidikan inklusi untuk selalu memberikan kesempatan yang sama mendapatkan pendidikan bagi setiap  individu  tanpa  memandang perbedaan fisik, intelektual, emosional, atau sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman mengenai assesmen awal berdasarkan data karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui temuan informasi yang diberikan oleh narasumber. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil  pada  asesmen  awal  memungkinkan pendidik untuk  mengidentifikasi berbagai  kebutuhan khusus ABK, seperti kebutuhan dalam komunikasi, keterampilan motorik, atau dukungan sosial.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspitasari, Windy, Isnaini Mau’idzoh Hasanah, Farah Miftahul Husnah, Rahmiati Rahmiati, dan Septi Fitri Meilana. “ASSESMEN AWAL BERDASARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1385–1391. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2832.
Bagian
Artikel

Referensi

Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099 Andani1, F., Octavia2, R., Pahera3, D., Alisah4, S., Erda, W.,

Andani, N. S., Fatmawati, I. N., & Bengkulu, S. (2023). Teacher’s Strategy in Providing Learning to Children with Special Needs in Class III State Special Schools (SLB) 5 Bengkulu City Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota . JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 152–165. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

Arif, M., Nurva’izah, S., & Abd Aziz, M. K. N. bin. (2023). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Al-Murabbi, 9(1), 97 122. https://doi.org/10.35891/amb.v9i1.4660

Natalia, D., & Westhisi, S. M. (2024). Urgensi Kebijakan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. 7(5), 491–499.

Nuwa, A. A., Ngadha, C., Longa, V. M., Una, Y., & Wau, M. P. (2023). Mengenali Dan Memahami Karakteristik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 191–202. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2117

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama