ASSESMEN AWAL BERDASARKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dikaji berdasarkan temuan informasi yang ditemukan di SDN Tengah 03. Kesetaraan pendidikan menjadi dasar prinsip dalam pendidikan inklusi untuk selalu memberikan kesempatan yang sama mendapatkan pendidikan bagi setiap individu tanpa memandang perbedaan fisik, intelektual, emosional, atau sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman mengenai assesmen awal berdasarkan data karakteristik anak berkebutuhan khusus (ABK) melalui temuan informasi yang diberikan oleh narasumber. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologis dengan menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa hasil pada asesmen awal memungkinkan pendidik untuk mengidentifikasi berbagai kebutuhan khusus ABK, seperti kebutuhan dalam komunikasi, keterampilan motorik, atau dukungan sosial.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099 Andani1, F., Octavia2, R., Pahera3, D., Alisah4, S., Erda, W.,
Andani, N. S., Fatmawati, I. N., & Bengkulu, S. (2023). Teacher’s Strategy in Providing Learning to Children with Special Needs in Class III State Special Schools (SLB) 5 Bengkulu City Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota . JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 152–165. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Arif, M., Nurva’izah, S., & Abd Aziz, M. K. N. bin. (2023). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Al-Murabbi, 9(1), 97 122. https://doi.org/10.35891/amb.v9i1.4660
Natalia, D., & Westhisi, S. M. (2024). Urgensi Kebijakan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. 7(5), 491–499.
Nuwa, A. A., Ngadha, C., Longa, V. M., Una, Y., & Wau, M. P. (2023). Mengenali Dan Memahami Karakteristik Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 191–202. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2117