HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III PERSIAPAN MIN 5 PADANGSIDIMPUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas III Persiapan MIN Padangsidimpuan. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh kelas III di Persiapan MIN 5 Padangsidimpuan yang berjumlah 60 orang. jumlah sampel diambil berdasarkan teknik sampling nonprobability yaitu sampling purpoisive di peroleh 30 orang siswa. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dengan nilai koefisien korelasi rhitung = 0,428 dengan rhitung> rtabel yaitu 0,374 dengan nilai N 30-2=28 (dengan taraf 5%). Maka dapat diterima (Ha) kebanarannya, dari rtabel tersebut dapat dilihat bahwa rhitung lebih besar dari rtabel dengan taraf kesalahan 5% yaitu 0.428>0,374, maka dikatakan bahwa adanya hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika kelas III Persiapan MIN 5 Padangsidimpuan. Jadi hipotesis alternative(Ha) pada penelitian ini diterimadan hipotesis nihil (Ho) pada penelitian ini di tolak.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Desi Natalia Auw and others, ‘Analisis Korelasi Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Kepala Keluarga’, Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan, 20.2 (2023), pp. 165–80, doi:10.22487/2540766x.2023.v20.i2.16546.
Joni Rokhmat Ruhul Jihadah Gaffar, M. Juaini, ‘Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning (PjBL)’, Journal of Classroom Action Research, 5.3 (2023), pp. 193–97.
Fauziah Yolviansyah and others, ‘Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Di Sma N 3 Muaro Jambi’, Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4.1 (2021), p. 16, doi:10.31258/jta.v4i1.16-25.
Kartina Simanjuntak, Fitriani Harahap, and Sartika Rati Asmara Nasution, ‘Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Kecepatan, Jarak Dan Waktu Di Kelas V Sdn 173242 Huta Jae Kecamatan Simangumban’, Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1.3 (2021), pp. 60–65, doi:10.37081/jipdas.v1i3.109.
Anju Ronauli, Monica Theresia, and Rani Kusuma Ningtyas, ‘Implementasi Model Problem Based Learning ( Pbl ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Cahaya Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 200309 Padang Sidempuan’, 3.3 (2023), pp. 522–33, doi:10.37081/jipdas.v3i03.1438.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung : Alfabet
Purwanto Agus, Dkk. (2020). “Studi Explorative Dampak Pandemic Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar” Jurnal Of Education, Psychology And Counseling Vol 2 Nomor 1 2020 (hal 34-35).