PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN YOUTOBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

Vera Ironita Christiani Sihombing
Sutar Oktaviana Tampubolon
Sri Ulina

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mampunya siswa dalam menulis teks prosedur dengan baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru ketika kegiatan menulis serta media yang digunakan kurang menarik sehingga siswa kurang menyukai pembelajaran menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan youtobe terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitif dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tugas menulis teks prosedur dan dokumentasi. Populasi sekaligus sampel total dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di UPT SPF SDN 106168 Desa Deli Tua sebanyak 20 siswa. Secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran model think talk write berbantuan youtobe siswa kelas V SD memiliki pengaruh yang positif. Hal tesebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis (????1) diterima.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sihombing, Vera Ironita Christiani, Sutar Oktaviana Tampubolon, dan Sri Ulina. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN YOUTOBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS V SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 4 (Desember 2, 2024): 284–289. Diakses Desember 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2422.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustin, P. H., & Indihadi, D. (2020). Analisis Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas IV. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 83–92. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.26373

Anggraeni, K. (2017). EFEKTIVITAS MODEL MENULIS KOLABORASI DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590

Fahira, A., & Azima, N. F. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 01 Pancung Soal. 8.

Lestari, D. A., & Apoko, T. W. (2022). Efektivitas Video Animasi melalui YouTube terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5953–5960. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3180

Muhammad Amin, Rahim, A. R., & Akhir, M. (2021). KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VI SDN 143 INPRES LEKO. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.31

Salsabila, R., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2024). Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 76–84. https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.19115

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ, ANSWER, DISSCUSS, EXPLAIN, AND CREATE. 16.

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 130. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4922

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama