PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA SISWA KELAS V SD

Isi Artikel Utama

Sutar Oktaviana Tampubolon
Anca Olani Hasibuan
Dwi Fauza Salsabila

Abstrak

Media sosial merupakan suatu alat atau media online yang digunakan oleh penggunanya untuk mencari suatu informasi yang di butuhkan. Selain itu media sosial ini sendiri bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Apalagi zaman sekarang semua yang manusia butuhkan bisa di akses dalam media sosial dengan waktu yang sangat singkat. Media sosial sudah viral bagi semua kalangan, baik kalangan anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Perkembangan media sosial membuat kinerja menjadi lebih cepat, tepat, akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas yang dihasilkan. Adapun media sosial yang sering digunakan pada saat ini adalah Facebook, Twitter, Instagram, Instagram, Whatssapp, dan media sosial yang lainnya. Salah satu pengguna media sosial sekarang adalah pelajar, karena dengan menggunakan media sosial pelajar dapat dengan mudah berkomunikasi jarak dekat maupun jarak jauh tanpa harus bertatap muka atau bertemu. Media sosial bagi para pelajar merupakan hal yang penting tidak hanya sebagai tempat memperoleh informasi yang menarik tetapi juga sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui  seberapa  jauh  dampak  media sosial   terhadap kesehatan   mental   bagi   siswa   sekolah   dasar. Hasil  penelitian  ini menunjukkan  bahwa  terdapat  pengaruh  positif  dan  pengaruh  negatif  yang  harus dilakukan  atau  ditanggapi  secara  profesional  sebagai  salah  satu  penggnaan  media sosial  di  era  perkembangan  teknologi  modern  saat  ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif.serta juga membantu peran guru dalam membina siswa dalam menggunakan media sosial.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tampubolon, Sutar Oktaviana, Anca Olani Hasibuan, dan Dwi Fauza Salsabila. “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA SISWA KELAS V SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 4, no. 4 (Desember 2, 2024): 290–295. Diakses Desember 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2424.
Bagian
Artikel

Referensi

Afidah, N., Ma'arif, I. B., & Agustina, U. W. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Pop Up di TPQ At Taqwa Tembelang Jombang. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 61-70.

Latifa, N., & Raysa, P. (2022) “Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Media Sosial pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 88 Pekanbaru” . Jurnal Pendidikan dan KonselingVolume 4 Nomor 5Tahun 2022E-ISSN: 2685 936XdanP-ISSN: 2685-9351

Maysarah, A., Rahim, R., & Wahyuni, D. (2020). “Sosialisasi Akibat Penyalahgunaan Media Sosial dan Memanfaatkan Media Sosial dalam Pembelajaran Bagi Siswa/Siswi SMK Negeri 5 Medan”. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i1.534. 1-11.

Septiana, N. Z. (2021). Dampak Peggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Dan Kesejahteraan Sosial Remaja Dimasa Pandemi Covid-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 1–13.

Shobirin, M. S., Yuliana, A. I., Hidayatulloh, M. R., Listikawati, M., & Puspaningrum, Y. (2022). Pengenalan Media Pembelajaran Quizizz Bagi Guru SDN 1 Sentul Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 54-58.

Braghieri, L., Levy, R., & Makarin, A. (2022). Social media and mental health. American Economic Review, 112(11), 3660–3693.