IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH

Isi Artikel Utama

Dewi Susilo Reni
Dewi Kurnia Sari
Roif Uswatul Mahmudah
M. Ichsanudin Noorsi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode resitasi dalam pembelajaran matematika, dampak positif penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran matematika, dan kelemahan metode resitasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah MIS PSM Bendo Barat. Penelitaian dilakukan pada bulan Oktober hingga November 2024. Populasi penelitian ini terdiri dari 16 siswi MIS PSM Bendo Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran matematika dimulai dengan tahapan tugas, pelaksanaan, dan tanggung jawab terhadap tugas yang ditetapkan. Kedua, dampak positif metode resitasi terhadap pembelajaran matematika antara lain meningkatkan kreativitas siswa dan menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa, meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan memberikan pengalaman baru bagi siswa; Memuat kelemahan metode resitasi dalam pembelajaran. Hal ini antara lain kurangnya partisipasi siswa, kesulitan dalam mengelola dan memantau tugas yang dilakukan siswa, tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, dan terbatasnya daya dukung lembaga Pendidikan dan infrastruktur yang memadai.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Reni, Dewi Susilo, Dewi Kurnia Sari, Roif Uswatul Mahmudah, dan M. Ichsanudin Noorsi. “IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 189–196. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2508.
Bagian
Artikel

Referensi

tya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Agustin, F. R., Kusmiati, E., & Supriatna, A. (2023). PENERAPAN METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV A. Jurnal Primary Edu, 1(3), 274–286.

Ismatullah, K. (2017). Penerapan metode pembelajaran resitasi dalam pembelajaran matematika dasar. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 24–28.

MADE, W. I. (2022). Penerapan metode resitasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 1–7.

Nida’ul Khairiyah. (2019). Pendekatan science, Teknology,Engineering and Mathematics (STEM). https://books.google.co.id/books?id=XWn7DwAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Nurhayati, S., Astuti, E. P., & Darmono, P. B. (2022). Peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui metode resitasi pada siswa sma. PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11(2), 165–173.

Nurmala, A., & Mulyadi, A. (2014). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Setia Darma 04 Tambun Selatan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 55–61.

Rahmawati, N. K. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Drill Dan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmetika Sosial. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(25), 59–64.

Rizqi, H. Y., Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2022). Systematic literature review: penerapan metode resitasi berpendekatan open-ended dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis. JANACITTA, 5(1).

Rochmania, D. D., Pramono, K. H., & Setiawan, H. (2022). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3482–3491.

Suparti, S. (n.d.). PENERAPAN METODE RESITASI DAN SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN IPS SISWA SEKOLAH DASAR. SUARA GURU, 4(1), 95–102.

Zheptia, Z. (2023). PENERAPAN METODE RESITASI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 21 MEMPAWAH …. digilib.iainptk.ac.id.