PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW

Isi Artikel Utama

Dewi Susilo Reni
Aslim Lu’luizzahra
Fahri Nasikhin
Muhammad Nur Huda

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa melalui penerapan metode pembelajaran Jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI PSM Bendo Barat. Keterampilan komunikasi yang rendah, seperti bertanya dan mengemukakan pendapat, menjadi masalah yang dihadapi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan siswa dalam berkomunikasi, terlihat dari keaktifan mereka dalam berdiskusi, bertanya, dan menyampaikan pendapat. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang diukur melalui tes siklus. Penerapan metode Jigsaw juga berhasil menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan interaktif, mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Jigsaw merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa sekaligus memaksimalkan hasil belajar. Metode ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia secara berkesinambungan.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Reni, Dewi Susilo, Aslim Lu’luizzahra, Fahri Nasikhin, dan Muhammad Nur Huda. “PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1469–1475. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2565.
Bagian
Artikel

Referensi

Gatini, N. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii A Sd Negeri Tulangampiang. Indonesian Journal Of Educational Development (Ijed),

Habibi, M. R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Pelajaran Tema 5 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas Iv Sdn 1 Sembalun Bumbung Lombok Utara. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan),

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa. Journal Of Education And Instruction (Joeai),

Darmita, I. P. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 3 Sawan. Indonesian Journal of Educational Development,

Widarta, G. M. A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Indonesian Journal of Educational Development,

Alfiani, Tina, Ratna Purwati, Jatimi Jatimi, and Casta Casta. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Di Madrasah Ibtidaiyah.” Action Research Journal Indonesia (ARJI) 4, no. 2 (2022): 86–97.

Ningsih, Raudha, Syaflin Halim, Abdul Halim Hanafi, and Dasrizal Dahlan. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022): 191–202.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama