DAMPAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SD NEGERI 37 PALEMBANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak implementasi pembelajaran kelas rangkap (PKR) terhadap hasil belajar pada siswa SD Negeri 37 Palembang. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas Rangkap, dan lima orang siswa . Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Dampak pembelajaran Kelas Rangkap terhadap proses pembelajaran di SD Negeri 37 Palembang yaitu: 1) perencanaan pembelajaran telah terlaksana dengan cukup baik meskipun ada beberapa administasi guru yang belum lengkap; 2) persiapan pembelajaran telah terlaksana dengan baik walaupun masih ada fasilitas, sarana dan prasarana sekolah yang belum ada; 3) pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan teori pembelajaran kelas rangkap; dan. Dampak PKR terhadap hasil belajar anak adalah baik karena adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari masing-masing kelas. Pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan prestasi belajar dan lebih mudah diterapkan untuk kelas dengan jumlah siswa yang sedikit.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Djalil, A. (2011). Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: Universitas Terbuka
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamid, M. S. (2012). Metode Edutainment. Yogyakarta: DIVA Press
Herdiansyah, H. (2015). Wawancara, Observasi, dan focus groups sebagai instrument Penggalian Data Kualitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Kemendagri. (1998). Permendagri Nomor 421.2/2501, Tahun 1998, tentang Pedoman Pelaksanaan Penggabungan (Re-grouping) Sekolah Dasar. Kurangnya PNS di Gunungkidul Didominasi Tenaga Pendidik. ( 17 Januari 2016). Kedaulatan Rakyat, hlm. 15. Moleong, L. J. (2007). Metoddologi Penelitian Kualititif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta. Sudiyono, dkk. (2009). Dampak Regrouping Sekolah Dasar : Kasus SDN Pakem 1 Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.Diakses dari Staff.uny.ac.id pada tanggal 18 Oktober 2017.