EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM KELAS RANGKAP DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif model blended learning dalam meningkatkan minat belajar siswa pada kelas rangkap di sekolah dasar. Blended learning mengombinasikan pembelajaran tatap muka dan daring, yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui fleksibilitas dalam proses belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengkaji berbagai penelitian terdahulu yang relevan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai sebarapa efektif blended learning terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blended learning secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 75 menjadi 88. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan kemandirian belajar dan penurunan tingkat kejenuhan dalam proses pembelajaran. Penerapan model blended learning ini terbukti menjadi solusi yang efektif dalam kelas rangkap sehingga guru dapat mengoptimalkan pengelolaan waktu serta sumber daya yang ada.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam Volume, 7(1), 855–866.
Amalia, L. (2022). Evaluation of Implementing the Video in University for Online Learning Amid Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1037–1044. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1949
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201
Harahap, L. A. (2019). Konsep Pembelajaran Blended Learning Di Sekolah Dasar: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Desa Terpencil. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(3), 942.
Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186
Nafilah Khairunnisa, & Ika Yatri. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2854
Rahayu, dkk. (2022). Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1773–1782. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2790
Sijabat, A., Juanta, P., Festiyed, & Yerimadesi. (2023). Literatur Review: Analisi Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 905–914. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5602
Sutanti, Y. A., Suryanti, S., & Supardi, Z. A. I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 594–606. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1461
Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap Di Daerah Terpencil. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 186–197. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18279