IMPLEMENTASI APLIKASI BAMBOOZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP DASAR SISWA SD

Isi Artikel Utama

Silvi Andriani
Yulina Fadilah
Faisal Faliyandra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi Bamboozle dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep dasar matematika siswa kelas III MI Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Sampel terdiri dari 44 siswa, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi Bamboozle dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner serta diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen (80,91) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol (63,64), dengan perbedaan yang signifikan secara statistik (p = 0,000). Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi Bamboozle dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar matematika siswa secara signifikan. Penggunaan Bamboozle yang berbasis gamifikasi dan interaktif menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendorong keterlibatan aktif siswa, yang berdampak positif pada pemahaman mereka terhadap materi matematika. Penelitian ini menyarankan bahwa aplikasi berbasis teknologi, seperti Bamboozle, dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andriani, Silvi, Yulina Fadilah, dan Faisal Faliyandra. “IMPLEMENTASI APLIKASI BAMBOOZLE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP DASAR SISWA SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 782–789. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2556.
Bagian
Artikel

Referensi

Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (5th Editio). Pearson Education.

Fadilah, Y., Andriani, S., Bani, R., & Hasandi, R. (2023). Pemanfaatan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah Di Madrasah Ibtidaiyah. AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 65–73. https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v4i2.753

Faliyandra, F., Salamah, E. R., & Anggraini, A. E. (2021). CAN MOTIVATION AFFECT THE APPLICATION OF TIME TOKEN AREND ON AQIDAH AKHLAK LEARNING IN MADRASAH IBTIDAIYAH? International Conference on Social and Islamic Studies, Proceedings of the International Conference on Social and Islamic Studies (SIS) 2021.

Iffada, N. U., & Efendi, Y. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Statistika pada Siswa Kelas VII di SMP Dharma Karya UT. SEMNASFIP.

Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game as an Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series, 1179, 012078. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012078

Khoiro, D. M., Samsiah, A., & Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 509–520.

Lämsä, J., Hämäläinen, R., Aro, M., Koskimaa, R., & Äyrämö, S. (2018). Games for enhancing basic reading and maths skills: A systematic review of educational game design in supporting learning by people with learning disabilities. British Journal of Educational Technology, 49(4), 596–607.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Susanti, A., Susanti, S. A., & Setiawan, D. (2024). Pemanfaatan Bamboozle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris di Kelas XI SMKN 2 Surakarta. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 930–942. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1716

Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–10. https://osf.io/zd8n7/download

Tsurayya, N. A. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Dinamika, 6(2), 81. https://doi.org/10.35194/jd.v6i2.3343

Umar Aliansyah, M., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Nasional Indonesia, 1(07), 119–124. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of Learning Mathematics in Elementari Schools. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(3), 271–277.