IMPLEMENTASI PERAN GURU DALAM PEMBINAAN NILAI RELIGIUS DAN SOSIAL PADA SISWA KELAS III SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi peran guru dalam membina nilai keagamaan dan sosial pada siswa kelas III di SD Badrut Tamam Wonoasih, Kota Probolinggo. Nilai religius dan sosial memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sejak dini. Oleh karena itu, guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing, dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pelatihan nilai-nilai keagamaan melalui berbagai kegiatan, seperti pembiasaan doa sebelum dan sesudah belajar, membaca Al-Qur'an, serta menanamkan sikap sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, nilai sosial dikembangkan melalui gotong royong, kerja sama kelompok, serta sikap tolong-menolong di lingkungan sekolah. Faktor pendukung implementasi ini meliputi kebijakan sekolah yang mendukung pendidikan karakter, keterlibatan orang tua, serta lingkungan yang mendukung pembelajaran. Namun ditemukan beberapa kendala, seperti perbedaan latar belakang siswa dalam memahami dan mengamalkan nilai-nilai tersebut serta keterbatasan waktu dalam pelaksanaan kegiatan pembiasaan. Kesimpulannya, peran guru sangat penting dalam membina nilai keagamaan dan sosial siswa melalui pendekatan keteladanan, pembiasaan, dan integrasi nilai dalam pembelajaran. Sinergi antara sekolah, guru, dan orang tua diperlukan agar pelatihan nilai-nilai tersebut dapat berjalan optimal dan berkelanjutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Fatonah, S. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma ’ arif Darussalam Plaosan Yogyakarta dikemas secara baik dan berstruktur yang dapat diimplementasikan melalui kegiatan dalam dunia pendidikan . Pendidikan merupakan salah satu proses yang di dalamnya perkembangan intelektual anak . Perkembangan intelektual tersebut nantinya akan. 2(1), 181–190.
Fitriani, E. (2020). Pengaruh media sosial terhadap perilaku siswa. Jurnal Pendidikan, 14(3), 45–56.
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal ( Maja Labo Dahu ) Sekolah Dasar Negeri Sila Di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. 9(1), 15–28.
Hidayati, D. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Masalah Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. 15(1), 753–764.
Huberman, A., & others. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook.
Khairani, A. N. (2022). Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Alfira. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6317
Muhammad, D. H., Arifin, M., Muhammad, D. H., & Arifin, M. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Terhadap Perkembangan Teknologi Di SDN Sumberkare II Kabupaten Proboling. 2(1), 44–54.
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Nugraha, D. (2020). Moralitas, Keberterimaan, Pendidikan Karakter, HOTS, dan Kelayakan Bahan dalam Pembelajaran Sastra. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(2), 76–82.
Nurhasanah, E., Yusnarti, M., & Aisah, S. (2024). Peran Guru Sekolah Dasar dalam Pembentukan Karakter Siswa. 1.
Sari, D. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak. Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1 No.1.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra.
Wahyuni, T. (2020). Peran guru sebagai teladan moral di sekolah dasar. Jurnal Karakter, 8(3), 67–75.
Zamroni. (2015). Pendidikan nilai dalam era globalisasi. Pustaka Pelajar.