ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN MARENGAN DAYA 1

Isi Artikel Utama

Dita Dwi Andini
Isna Ida Mardiyana
Rika Wulandari
Sigit Susanto Putro

Abstrak

Literasi tentunya memiliki peranan yang sangat penting untuk dapat meningkatkan kualitas di dunia pendidikan dan dapat memberikan efek yang sangat luas baik bagi individu maupun kelompok. Sebelum menuju ketahap membaca pemahaman tentunya peserta didik harus dapat membaca tanpa adanya hambatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang mana teknik pengambilan data dengan observasi dan wawancara. Melalui teknik pengambilan data tersebut ditemukan bahwasanya peserta didik kelas 4 merupakan kelas yang aktif dan dapat mengikuti intruksi dari guru ketika pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andini, Dita Dwi, Isna Ida Mardiyana, Rika Wulandari, dan Sigit Susanto Putro. “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN MARENGAN DAYA 1”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 669–672. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2561.
Bagian
Artikel

Referensi

Efendi, R., & Fatmawati, K. (2021). Gerakan Literasi Sekolah: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), 5(2), 10-21.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Inayah, U. N., Fadhillah, D., Enawar, E., & Sumiyani, S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN CIPONDOH 5 KOTA TANGERANG. PROSIDING SAMASTA.

Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184-195.

Lintang, S., & Siregar, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Literasi terhadap Minat Baca pada Siswa/l Kelas 2 di SDN 060857 Jl. Durung No. 130 Medan. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 309-312.