FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT SISWA KELAS V SDN MARENGAN DAYA 1 DALAM MEMPELAJARI TEKNIK BOLA VOLI

Isi Artikel Utama

Shelia Pramesti
Isna Ida Mardiyana
Rika Wulandari
Sigit Susanto Putro

Abstrak

Minat siswa dalam mempelajari teknik bola voli di kelas 5 SDN Marengan daya 1 mengalami penurunan, sehingga berdampak pada hasil pembelajaran dan keterampilan siswa dalam bermain bola voli. Penelitian ini bertyujuan untuk mengidentifikasi factor-faktor penyebab renfahnya minat belajar siswa terhadap teknik bola voli. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket yang diberikan pada siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahawa terdapat beberapa fektor utama yang menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari teknik bola voli yaitu kurangnya sarana dan prasarana olahraga, metode pengajaran yang kurang bervariasi, serta kurangnya dukungan motivasi dari lingkungan sekolah dan keluarga. pEnelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran boal voli, dengan harapan dapat meningkatkan minat siswa dalam olahraga ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pramesti, Shelia, Isna Ida Mardiyana, Rika Wulandari, dan Sigit Susanto Putro. “FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KURANGNYA MINAT SISWA KELAS V SDN MARENGAN DAYA 1 DALAM MEMPELAJARI TEKNIK BOLA VOLI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 673–676. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2560.
Bagian
Artikel

Referensi

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani, filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung,

Ateng, Abdul Kadir. (1989). Penganter Asas-asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jakarta: FPOK IKIP Jakarta

Agus Mukholid. 2015.Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan.

Surakarta: Yudistira. Aqib Zinal. 2002. Profesionalisme Guru dalam pembelajaran.

Surabaya: Insan Cendekia.

Dieter Beutelstahl. 2015. Belajar Bermain Bola Voli.

Bandung: CV. Pionir Jaya.

Rahayu, Ega Trisna. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani(2):

hal 61-99

Sri Wahyuni. 2010: Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.

Jakarta Pusat

Djam'an Satori, 2011. A Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif,

hal 23

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura,

(1),