PENGEMBANGAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS MATERI MANFAAT DAN MELESTARIKAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN KELEYAN 1

Isi Artikel Utama

Adella Tiara Bintara Firdaus
Priyono Tri Febrianto
Ade Cyntia Pritasari
Jasmine Assayyidah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD liveworksheets  yang  valid,  menarik,  dan  mudah  dibaca  untuk  meningkatkan  efektivitas  pembelajaran  materi  manfaat  dan  melestarikan  keberagaman  budaya  di  kelas  IV  SDN  Keleyan  1. Kualitas pembelajaran di SDN Keleyan 1, khususnya pada mata pelajaran IPAS kelas IV,  menuntut  inovasi  dalam  penyelenggaraan  pembelajaran.  Materi  tentang  manfaat  dan  melestarikan  keberagaman  budaya  merupakan  materi  penting  untuk  menumbuhkan  rasa  cinta  tanah  air  dan  menghormati  perbedaan  budaya. Namun, proses pembelajaran konvensional  terasa  monoton  dan  kurang  menarik  bagi  siswa. Melalui pengembangan E-LKPD liveworksheets  menggunakan  model  ADDIE  (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Tahap  desain  meliputi  perancangan  struktur  E-LKPD,  fitur  interaktif,  dan  tata  letak  yang  menarik.  Tahap  development  meliputi  pembuatan  E-LKPD  Live  Worksheets  dengan  menggunakan  platform  google.  Tahap  implementasi  dilakukan  dengan  uji coba  E-LKPD  liveworksheets  pada  kelompok  kecil  siswa  kelas  IV.  Tahap  evaluasi  meliputi  pengujian  validitas,  kemenarikan,  dan  keterbacaan  E-LKPD  liveworksheets  oleh  ahli  materi,  ahli  media,  dan  siswa  kelas  IV  melalui  angket  dan  observasi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Keleyan 1. Pengembangan E-LKPD Live Worksheets diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran materi manfaat dan melestarikan keberagaman budaya di kelas IV SDN Keleyan 1,  dengan memperhatikan validitas,  kemenarikan,  dan  keterbacaan  media  pembelajaran. Rencana luaran yang hendak dicapai adalah berupa proposal penelitian, laporan kemajuan MBKM penelitian, laporan akhir MBKM penelitian, logbook penelitian, draft artikel ilmiah, dan tugas akhir (skripsi).

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Firdaus, Adella Tiara Bintara, Priyono Tri Febrianto, Ade Cyntia Pritasari, dan Jasmine Assayyidah. “PENGEMBANGAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS MATERI MANFAAT DAN MELESTARIKAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN KELEYAN 1”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 677–704. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2562.
Bagian
Artikel

Referensi

Hariyati, D. P., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Rachmadyanti, P., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V Dina Putri Hariyati. 1473–1483.

Ii, B. A. B., Teori, A. K., Ajar, B., & Ajar, B. (2021). KAJIAN PUSTAKA b . Bentuk Bahan Ajar. 9–27.

Pembelajaran, P., Sd, S., Vi, K., Sdn, U., Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rosafina, M., & Ningrum, N. C. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 2731–2740.

Permendiknas. (2008). Permendiknas No 2 Tahun 2008 Tentang Buku. 106–114. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Nomor 2 Tahun 2008.pdf

Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 104–109. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.12.104-109

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal,3(1),35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). PENGGUNAAN SITUS LIVEWORKSHEETS UNTUK MENGEMBANGKAN LKPD INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR. 3, 1–12

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Faisal, A., Wibawa, D., & Alperi, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 10(3), 271-280.

Rahmawati, Y., Adriyawati, U., Utomo, E., & Mardiah, A. (2020). STEAM-Project-Based Learning Integration to Improve Elementary School Students' 21st Century Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1486(1), 012034.

Permana, Y. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 123-134.

Fauzi, A., Hazlita, S., & Supriadi, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 10(3), 271-280.

Aisyah, S., Noviyanti, R., & Triyanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 149-158.

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2004). Pedoman Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Triana, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA.

Tressyalina, D., & Wedyastuti, R. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV.

Universitas Negeri Semarang. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Sarip, M., Amintarti, S., Utami, N. H., Biologi, S. P., Lambung, U., Brigjen, M. J., Brigjend, J., Basri, H., Utara, K. B., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati (Vol. 1, Issue 1).