PENGEMBANGAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS MATERI MANFAAT DAN MELESTARIKAN KEBERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN KELEYAN 1
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD liveworksheets yang valid, menarik, dan mudah dibaca untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran materi manfaat dan melestarikan keberagaman budaya di kelas IV SDN Keleyan 1. Kualitas pembelajaran di SDN Keleyan 1, khususnya pada mata pelajaran IPAS kelas IV, menuntut inovasi dalam penyelenggaraan pembelajaran. Materi tentang manfaat dan melestarikan keberagaman budaya merupakan materi penting untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan menghormati perbedaan budaya. Namun, proses pembelajaran konvensional terasa monoton dan kurang menarik bagi siswa. Melalui pengembangan E-LKPD liveworksheets menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap desain meliputi perancangan struktur E-LKPD, fitur interaktif, dan tata letak yang menarik. Tahap development meliputi pembuatan E-LKPD Live Worksheets dengan menggunakan platform google. Tahap implementasi dilakukan dengan uji coba E-LKPD liveworksheets pada kelompok kecil siswa kelas IV. Tahap evaluasi meliputi pengujian validitas, kemenarikan, dan keterbacaan E-LKPD liveworksheets oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kelas IV melalui angket dan observasi. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Keleyan 1. Pengembangan E-LKPD Live Worksheets diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran materi manfaat dan melestarikan keberagaman budaya di kelas IV SDN Keleyan 1, dengan memperhatikan validitas, kemenarikan, dan keterbacaan media pembelajaran. Rencana luaran yang hendak dicapai adalah berupa proposal penelitian, laporan kemajuan MBKM penelitian, laporan akhir MBKM penelitian, logbook penelitian, draft artikel ilmiah, dan tugas akhir (skripsi).
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Hariyati, D. P., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Rachmadyanti, P., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V Dina Putri Hariyati. 1473–1483.
Ii, B. A. B., Teori, A. K., Ajar, B., & Ajar, B. (2021). KAJIAN PUSTAKA b . Bentuk Bahan Ajar. 9–27.
Pembelajaran, P., Sd, S., Vi, K., Sdn, U., Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rosafina, M., & Ningrum, N. C. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 2731–2740.
Permendiknas. (2008). Permendiknas No 2 Tahun 2008 Tentang Buku. 106–114. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Nomor 2 Tahun 2008.pdf
Rahmawati, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 104–109. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.12.104-109
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal,3(1),35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). PENGGUNAAN SITUS LIVEWORKSHEETS UNTUK MENGEMBANGKAN LKPD INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR. 3, 1–12
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Faisal, A., Wibawa, D., & Alperi, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 10(3), 271-280.
Rahmawati, Y., Adriyawati, U., Utomo, E., & Mardiah, A. (2020). STEAM-Project-Based Learning Integration to Improve Elementary School Students' 21st Century Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1486(1), 012034.
Permana, Y. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 123-134.
Fauzi, A., Hazlita, S., & Supriadi, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 10(3), 271-280.
Aisyah, S., Noviyanti, R., & Triyanto, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 149-158.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Depdiknas. (2004). Pedoman Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.
Triana, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan IPA.
Tressyalina, D., & Wedyastuti, R. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV.
Universitas Negeri Semarang. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490
Sarip, M., Amintarti, S., Utami, N. H., Biologi, S. P., Lambung, U., Brigjen, M. J., Brigjend, J., Basri, H., Utara, K. B., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati (Vol. 1, Issue 1).